WARNA-WARNI

Bandara Soekarno-Hatta Hadirkan Layanan Taksi Listrik

Taksi listrik. (Dok. ANTARA/HO-AP II)
Taksi listrik. (Dok. ANTARA/HO-AP II)


JAKARTA - Bandara Soekarno-Hatta menghadirkan layanan mobil listrik dan sejalan dengan itu juga menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum [SPKLU] di Terminal 3.

Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan keberadaan mobil listrik di Bandara Soekarno-Hatta menandakan keberpihakan perseroan terhadap pengembangan energi baru terbarukan (EBT) dan juga peningkatan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

"PT Angkasa Pura II bersama Blue Bird menghadirkan taksi listrik Tesla di Bandara Soekarno-Hatta. Sejalan dengan itu, PT Angkasa Pura II menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum [SPKLU] di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta," kata Awaluddin lewat rilis di Jakarta, Rabu (17/3/2021), seperti dilansir Antara.

Traveler atau pelancong di Bandara Soekarno-Hatta bisa mendapatkan pengalaman berkendara dengan mobil Tesla Model X 75D yang digunakan sebagai armada taksi oleh Blue Bird.

Tesla Model X 75D yang dioperasikan Blue Bird di Bandara Soekarno-Hatta mampu menempuh jarak 340 kilometer hingga 350 kilometer dalam keadaan baterai terisi penuh. Untuk mengisi baterai dari kondisi habis hingga penuh membutuhkan waktu rata-rata 2,5 jam.


Adapun jumlah unit Blue Bird Tesla Model X 75D ini sebanyak 2-4 unit di Bandara Soekarno-Hatta.

Dengan tarif yang lebih tinggi 20 persen dibandingkan Silver Bird, traveler sudah dapat merasakan kemewahan dan kenyamanan kabin Blue Bird Tesla Model X 75D. Mekanisme buka pintu Tesla X 75D ini juga tergolong unik yakni hanya dengan menekan tombol maka pintu akan terbuka ke atas secara elektrik.

Apabila ingin mencoba pengalaman berkendara dengan Tesla Model X, traveler dapat memesan taksi Tesla langsung secara walk in di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Di samping Tesla X, Blue Bird juga mengoperasikan 25 unit kendaraan listrik BYD sebagai taksi reguler di Bandara Soekarno-Hatta.

"Bandara Soekarno-Hatta mendukung pengembangan kendaraan listrik di Indonesia, di mana selain Tesla juga terdapat taksi listrik lainnya yang juga dioperasikan Blue Bird yakni BYD dan juga GrabCar dengan Hyundai IONIQ EV," terang Awaluddin.

GrabCar memiliki layanan GrabCar Elektrik dengan 20 unit armada Hyundai IONIQ EV.

Layanan GrabCar Elektrik menggunakan Hyundai IONIQ juga memberikan kenyamanan dan kemegahan di dalam kabin. GrabCar Elektrik juga merupakan bagian dari kampanye #LangkahHijau Grab yang mendukung penggunaan kendaraan listrik sebagai solusi untuk mengurangi polusi udara dan menandai operasional resmi Hyundai dalam Electric Vehicle Mobility Service di Indonesia.

"Kami berupaya memberikan berbagai customer experience bagi traveler termasuk pengalaman berkendara dengan mobil listrik Tesla, yang tentunya kita tahu reputasi globalnya sebagai merek mobil listrik ternama. Di sisi lain, operasional kendaraan listrik di Bandara Soekarno-Hatta ini juga dapat mendorong penggunaan moda listrik di area layanan publik lainnya," imbuh Awaluddin.

Editor: Khairisa Ferida