TV

Kongres HMI Ricuh, Kader Ngamuk dan Lempar Kursi



INFOINDONESIA - Kongres XXXI Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang berlangsung di Gedung Islamic, Surabaya, Jawa Timur pada Selasa 23 Maret 2021 berujung ricuh.

Sejumlah kader mengamuk, mereka terlihat saling melempar kursi yang berakibat pecahnya pintu kaca gedung. 

Keributan berawal saat sejumlah kader meminta seluruh Ketua Badan Koordinasi (Badko) HMI di daerah hadir pada kongres saat itu juga. Namun usulan tersebut tidak disetujui mayoritas peserta pemilik suara sah. 

Diketahui dari total 20 Badko, 11 di antaranya sudah ada di dalam forum, sementara sisanya berhalangan hadir. Kongres pun berjalan alot hingga akhirnya beberapa kader mengamuk.

Kericuhan akhirnya bisa diatasi setelah pihak Kepolisian mendatangi ruang kongres. Polda Jawa Timur mengamankan setidaknya enam peserta kongres yang diduga pelempar kursi. 


"Ada miskomunikasi di antara mereka, kemudian ada yang membanting kursi. Ini atas permintaan panitia, kami amankan enam orang dan sedang dalam proses pemeriksaan," jelas Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta.

Atas insiden tersebut, Ketua Umum Badko HMI Jawa Timur, Yogi Pratama mengatakan bahwa HMI bertanggung jawab penuh atas segala kerusakan sarana dan prasarana gedung Islamic Center, dimana tempat acara berlangsung.

Editor: Andyanto