DAERAH

Menteri ESDM Apresiasi Pertamina Atasi Kebakaran Kilang Minyak Balongan

Sejumlah warga menyaksikan kebakaran kilang minyak Pertamina Balongan, Indramayu, Senin (29/3/2021) dini hari. (ANTARA)
Sejumlah warga menyaksikan kebakaran kilang minyak Pertamina Balongan, Indramayu, Senin (29/3/2021) dini hari. (ANTARA)

INFO INDONESIA. JAKARTA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (esdm), Arifin Tasrif mengapresiasi tindakan cepat PT Pertamina melokalisasi titik api pada saat terjadi kebakaran di Kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat. Sehingga dampak kebakaran tidak semakin meluas hingga ke pemukiman penduduk.

Atas kejadian itu, menurut Arifin Pertamina akan mengevaluasi penyebab kebakaran yang terjadi di kilang tersebut. Evaluasi tersebut menyangkut soal peningkatan keamanan.

"Ke depannya Pertamina akan melakukan evaluasi untuk mengidentifikasi apa saja yang diperlukan untuk peningkatan sistem keamanan kilangnya mengacu pada teknologi baru yang saat ini dipakai,” kata Arifin dikutip dari keterangan tertulis, Minggu (4/4/2021).

Terkait warga terdampak, lanjutnya, Pertamina berkomitmen menanggung segala kerugian yang dialami. Ia juga berharap para korban bisa segera pulih kembali.

“Kita harapkan korban yang masih dirawat  bisa membaik dan bisa segera keluar dari unit perawatan khusus. Terhadap seluruh masyarakat terdampak akibat dari kejadian ini, Pertamina berkomitmen untuk bertanggung-jawab untuk perbaikan rumah dan properti warga, perawatan korban luka, dan trauma healing,” ucap Arifin.


Selain itu, Menteri ESDM juga mengingatkan, agar Pertamina segera memasang sistem komunikasi dengan masyarakat. Sistem ini dapat dimanfaatkan apabila ada indikasi bahaya, masyarakat sekitar dapat melakukan persiapan lebih dini untuk menjaga keselamatan.

 

Editor: Khoirur Rozi