POLHUKAM

Cegah Pemudik, Polda Metro Jaya Siapkan Delapan Titik Penyekatan

Pemeriksaan kendarana oleh Polisi. (ANTARA)
Pemeriksaan kendarana oleh Polisi. (ANTARA)

INFO INDONESIA. JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menerapkan beberapa pos penyekatan untuk mengantisipasi pemudik tahun ini.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yugo mengatakan, pihaknya menyiapkan delapan titik di pintu keluar dan masuk Jakarta. Hal itu dilakukan dalam rangka menyukseskan Operasi Larangan Mudik 2021.

“Sementara ada delapan titik tapi nanti kami survei lagi. Titiknya ada 2 di tol, 3 di arteri, dan 3 di terminal,” kata Sambodo dikutip dari laman resmi NTMC Polri, Sabtu (10/4/2021).

Adapun delapan pos penyekatan tersebut terletak di Tol Arah Cikampek, Tol Arah Merak, Jalan Harapan Indah Kota Bekasi, Jalan Jatiuwung Kota Tangerang, Jalan Kedung Waringin Kabupaten Bekasi, Terminal Pulogebang, Terminal Kampung Rambutan, dan Terminal Kalideres.

Sambodo menuturkan, aturan penyekatan akan berlangsung selama delapan hari. Tepatnya mulai 6 Mei hingga 12 Mei 2021. Untuk itu, masyarakat yang berniat mudik untuk membatalkan rencana tersebut.


“Akan ada pemeriksaan setiap kendaraan yang lewat termasuk mobil bak, truk, ambulans, dan lainnya,” ujar Sambodo.

Sebelumnya, Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono menegaskan bahwa kepolisian akan menggelar Operasi Ketupat 2021 di 34 provinsi untuk mencegah masyarakat yang nekat mudik. Pihaknya pun siap membuat penyekatan sebanyak 333 titik di seluruh Indonesia.

“Pada momen ini polri akan menggelar penyekatan di 333 titik. Terutama titik utama dari Lampung hingga Bali. Itu adalah titik mobilisasi yang harus kita lakukan pendekatan selain checkpoint yang di bangun di beberapa daerah,” kata Istiono, Kamis (8/4/2021).

“Titik penyekatan ini akan kita bangun di perbatasan provinsi maupun kabupaten, untuk mengantisipasi penyediaan mudik tersebut,” imbuhnya.

Editor: Khoirur Rozi