DAERAH

Ketua MPR RI Dukung Pengembangan Kawasan Danau Toba

Bupati Toba, Sumatera Utara, Poltak Sitorus
Bupati Toba, Sumatera Utara, Poltak Sitorus

INFO INDONESIA. TOBA— Pengembangan kawasan Danau Toba, perlu dukungan dari banyak pihak, termasuk dari pemerintah pusat.

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, menyampaikan dukungan dalam pengembangan pariwisata kawasan Danau Toba, saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT), di Convention Hall Hotel Labersa, Balige, Kabupaten Toba, Jumat (9/4/2021).

“Kawasan Danau Toba dinilai memiliki keberagaman, yang saling berkaitan yakni keanekaragaman; geografi, hayati, dan budaya. Sebagai salah satu elemen potensial yakni pariwisata secara khusus di kawasan Danau Toba harus tetap kita prioritaskan,” ujar Bambang Soesatyo secara virtual.

Meski di tengah pandemi Covid-19 yang menghambat progres pembangunan di kawasan Danau Toba, masyarakat diharapkan tetap memiliki semangat dalam mempersiapkan kehadiran para pengunjung.

“Pandemi COVID-19, tidak seharusnya membuat kita menyerah pada keadaan. Justru kondisi ini menjadikan kita tetap bergerak, karena kita yakin bahwa sektor pariwisata adalah sektor yang paling potensial, untuk mengembalikan perekonomian nasional. Kita tidak ragu mengatakan bahwa Danau Toba salah satu destinasi yang sangat potensial untuk dikembangkan,” katanya.


Ketua Umum KMDT, Edison Manurung, menyampaikan melalui Rakernas setelah berdirinya KMDT, akan tetap melaksanakan program-program nyata di tengah masyarakat. Demi percepatan pariwisata Danau Toba dengan pemanfaatan teknologi digital.

Ketua DPD KMDT, Effendi SP Napitupulu, mengharapkan, KMDT dijadikan sebagai wadah untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas SDM, sehingga unggul di bidang kepariwisataan, ekonomi kerakyatan melalui koperasi dan UMKM, lingkungan hidup dan pemberdayaan melalui pelatihan sehingga nantinya memberi manfaat bagi masyarakat Danau Toba secara berkelanjutan.

“Tujuan dibentuknya KMDT, untuk memajukan pariwisata Danau Toba, dengan mendorong terciptanya SDM yang unggul, untuk mensejahterakan masyarakat. Melalui komunitas ini, kita akan melakukan penguatan, melengkapi dan memelihara fasilitas dan infrastruktur sehingga mampu menciptakan daya tarik wisatawan,” katanya.

 

 

 

Editor: Desi Wulandari