POLHUKAM

Peleburan Kemenristek-Kemendikbud Tinggal Tunggu Jokowi Tunjuk Menteri

Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin. (ANTARA)
Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin. (ANTARA)

INFO INDONESIA. JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin mengatakan, peleburan Kemenristek/Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Kemendikbud telah disepakati DPR RI dalam rapat paripurna beberapa waktu lalu. Soal siapa yang akan menjabat sebagai menteri Kemendikbud-Ristek, menurut Azis tinggal menunggu keputusan Presiden Joko Widodo.

“Peleburan ini tinggal bapak presiden menunjuk menterinya siapa dan siapa figurnya itu kewenangan dari bapak presiden,”kata Azis kepada awak media, Jakarta, Selasa (13/4/2021).

Azis yakin Presiden Jokowi bakal menggunakan hak prerogatif sebaik mungkin dalam menentukan sosok menteri di kabinetnya.

“Tentu bapak Presiden dan bapak Wapres punya pertimbangan siapa figur yang cocok di situ. Bisa saja itu dari kalangan yang ada, atau dari kalangan yang lain. Nah itu kewenangannya ada di Bapak Presiden dan Bapak Wakil Presiden,” ungkapnya.

Di samping itu, Azis menuturkan, peleburan kedua kementerian itu diyakini bakal berjalan efektif bagi pembangunan sumber daya manusia (SDM). Menurutnya, untuk membangun SDM, diperlukan pula riset yang baik.


“Efektif atau tidak efektif tentu keyakinan awal kita harus menyatakan efektif, kenapa? Karena dalan indeks pembangunan manusia yang diperluakan adalah riset dan investasi dalam sisi pengembangan,” ujarnya.

“Jadi sudah tepat bagi Bapak Presiden membuat Badan Riset Dan Investasi Negara (BRIN) ini untuk dijadikan satu dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” imbuhnya.

Editor: Khoirur Rozi