POLHUKAM

Puslabfor Polri Cari Tahu Penyebab Kebakaran Kilang Minyak Balongan

Sejumlah warga menyaksikan kebakaran kilang minyak Pertamina Balongan, Indramayu, Senin (29/3/2021) dini hari. (ANTARA)
Sejumlah warga menyaksikan kebakaran kilang minyak Pertamina Balongan, Indramayu, Senin (29/3/2021) dini hari. (ANTARA)

JAKARTA - Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Harto mengungkapkan, saat ini Tim Puslabfor tengah memeriksa barang bukti hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) di Kilang Minyak Pertamina Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

"Puslabfor Polri sudah selesai melaksanakan olah TKP dan sekarang barang bukti tersebut sedang dilakukan pemeriksaan secara laboratorium," kata Rusdi dikutip dari ANTARA, Selasa (13/4/2021).

Pemeriksaan barang bukti ini untuk mencari kesimpulan penyebab kebakaran kilang minyak RU VI Pertamina Balongan. Nantinya, tim ahli bakal mengetahui dari mana sumber api yang menghanguskan kilang minyak tersebut.

"Sedang dilakukan pemeriksaan oleh tim ahli yang nanti akan mendapat satu kesimpulan yaitu tentang kebakaran Kilang di Balongan, kebakaran dari mana, titik apinya di bagian apa, dan sumber api dari mana, ini akan terjawab nantinya," jelasnya.

Meski begitu, Rusdi tidak dapat memastikan berapa lama pemeriksaan itu dilakukan. Namun yang pasti Puslabfor Polri bakal bekerja keras untuk menemukan penyebab kebakaran.


"Yang jelas sekarang Puslabfor Polri sedang melakukan kegiatan di laboratorium untuk melakukan pemeriksaan terhadap barang bukti yang didapatkan dari hasil olah TKP," ujar Rusdi.

Editor: Khoirur Rozi