DAERAH

Akhirnya, Warga Natuna Nikmati Jaringan 4G

Menkominfo Johnny G. Plate kunjungan ke Pulau Natuna, Kamis (22/04/2021) didampingi Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad. (Dok Kominfo)
Menkominfo Johnny G. Plate kunjungan ke Pulau Natuna, Kamis (22/04/2021) didampingi Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad. (Dok Kominfo)

iNFO INDONESIA - Untuk mewujudkan 'Digital Nation' seperti yang diprogramkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Menkominfo Johnny G Plate kembali meresmikan tower Base Transceiver Station (BTS) di pulau terujung Indonesia.

Kali ini, 17 tower BTS Bakti di Pulau Natuna Provinsi Kepulauan Riau diresmikan langsung Jhony G Plate didampingi Gubernur Kepri Ansar Ahmad kemarin, Kamis (22/4/2021).

"Kita terus melakukan pembangunan BTS di pulau-pulau terluar di Indonesia dan pembangunan ini sebagai langkah pertama kita untuk memberikan teknologi 4G yang ditujukan bagi masyarakat yang berada di area Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T) secara nasional," ujarnya.

Infrastruktur Telekomunikas Informatika dan Komunikasi (TIK), dibangun menggunakan dana Universal Service Obligation (USO) yang ditujukan untuk wilayah 3T di seluruh Indonesia. Pemerintah melalui Bakti Kominfo, akan membangun 4.200 BTS di seluruh Indonesia, melalui konsorsium Fiberhome.

Sedangkan untuk Kabupaten Natuna akan dibangun 17 BTS 4G untuk 17 desa. Sedangkan, Kabupaten Kepulauan Anambas akan dibangun 12 BTS di 12 desa, di kabupaten Bintan akan dibangun 5 BTS untuk 5 desa, dan di kabupaten Karimun akan dibangun 1 BTS untuk 1 desa," bebernya.


"Akses telekomunikasi jadi hal penting untuk mendukung kehidupan sosial maupun ekonomi di wilayah terluar Indonesia seperti di beberapa wilayah di Provinsi Kepri," ulasnya.

Sebagai informasi, paket 1 mencakup 1.364 desa dan kelurahan yang terdiri atas 132 desa/kelurahan di Sumatera (Area 1), 456 desa/kelurahan di Nusa Tenggara (Area 2), dan 776 desa/kelurahan di Kalimantan (Area 3). Penggelaran BTS 4G di Paket 1 ini akan dilakukan oleh Fiberhome, Telkom Infra, dan Multitrans Data untuk penyediaan infrastruktur BTS 4G.

Sedangkan Paket 2 mencakup 1.336 desa dan kelurahan yang terdiri atas 536 desa/kelurahan di Sulawesi (Area 4), dan 800 desa/kelurahan di Maluku (Area 5).

Sementara itu, Gubernur Kepri Ansar Ahmad yang menyambut kehadiran Menkominfo Johnny G Plate di Batam, mengucapkan terimakasih atas perhatian pemerintah pusat kepada daerah.

"Kita dukung program-program untuk kemajuan bangsa. Di Natuna di antara agendanya Peletakan Batu Pertama (Ground Breaking) Pembangunan BTS BAKTI di Desa Kelanga," katanya.

Ansar berharap, kedatangan Menkominfo bersama rombongan bisa langsung memberi efek positif dalam hal mengakses telekomunikasi.

"Semoga pulau terluar dan daerah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga bisa mengakses internet dengan cepat dan maksimal sehingga segala perkembangan dan informasi bisa diterima dengan cepat oleh masyarakat," tandasnya.

Editor: Raden Mohd Solehin