WISATA

Jelang Libur Lebaran, Sandiaga Uno Instruksikan Perketat Pengawasan Destinasi Wisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno. (Dok Kemenparekraf)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno. (Dok Kemenparekraf)


JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno meminta seluruh jajarannya memperketat pengawasan protokol kesehatan di destinasi menjelang libur Lebaran.

"Jika memang destinasi wisata dibuka, tegas kami mengatakan bahwa harus dengan penerapan  protokol kesehatan ketat dan disiplin," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam keterangan tertulis, Selasa (27/4/2021).

Menurut Sandi, terkait protokol kesehatan ini tidak hanya bersifat imbauan semata. Pihaknya bakal menindak tegas pihak-pihak yang tidak mematuhi aturan. Bahkan ia menegaskan tak segan menutup destinasi wisata yang terbukti melanggar prokes.

"Akan ada mekanisme jika mereka tidak bisa penuhi (penerapan protokol kesehatan) akan diberi peringatan, dilanjutkan dengan denda. Berkoordinasi dengan Pemda kami juga tidak segan untuk merekomendasikan sanksi penutupan," jelasnya.

Sandi menambahkan, Kemenparekraf telah menerbitkan panduan tentang aktivitas pariwisata yang sehat di masa pandemi. Panduan itu dibukukan sebagai acuan menerapkan CHSE atau Cleanliness, Healthy, Safety, dan Environmental Sustainability, sebuah konsep pariwisata di masa pandemi.


“Panduan protokol CHSE akan kita terus sosialisasi dan serahkan ke tiap destinasi agar kegiatan wisata dapat berjalan dengan ketentuan yang berlaku," ujarnya.

Editor: Khoirur Rozi