DAERAH

Sulbar Tak Larang Warganya Mudik Lokal

Ketua DPRD Sulawesi Barat, Suraida Suhardi. (ANTARA)
Ketua DPRD Sulawesi Barat, Suraida Suhardi. (ANTARA)

MAMUJU – Pemprov Sulawesi Barat (Sulbar) tidak melarang warganya mudik saat Hari Raya Idulfitri nanti. Namun, mudik hanya boleh dilakukan antarkabupaten di Sulbar.

Hal itu disampaikan Ketua DPRD Sulawesi Barat, Suraida Suhardi. Menurutnya, mudik lokal diperbolehkan sepanjang tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Mudik Lebaran tahun ini boleh dilakukan antarkabupaten di Sulbar, dan dilarang dilakukan antarprovinsi," kata Suraida dikutip dari ANTARA pada Jumat (7/5/2021).

Menurut Suraida, kebijakan ini jangan sampai dimanfaatkan untuk mudik keluar wilayah Sulbar. Ia meminta masyarakat menaati aturan terkait mudik ini demi memutus penyebaran COVID-19.

"Yang akan mudik berada di wilayah Sulbar, boleh mudik antarkabupaten saja," ujarnya.

"Yang akan mudik berada di wilayah Sulbar, boleh mudik antarkabupaten saja," ujarnya.

Sementara itu Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar mengatakan, pihaknya akan menggelar rapat koordinasi bersama seluruh bupati dan forkopimda terkait mudik. Melalui rapat itu, akan diputuskan aturan teknis larangan mudik.


Di samping itu, menurutnya kepala daerah dan forkopimda di seluruh Indonesia juga diminta agar mengidentifikasi potensi kerumunan di daerah, baik yang berhubungan dengan aktivitas ekonomi.

"Kerumunan seperti pasar, mal, dan yang akan terjadi pada jelang Lebaran, harus diantisipasi, dengan penerapan protokol kesehatan," katanya.

Editor: Khoirur Rozi