DAERAH

Ratusan Pekerja Migran Indonesia Masih Dirawat di RSKI Pulau Galang

Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang. (Dok Kemenkes)
Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang. (Dok Kemenkes)


INFO INDONESIA. BATAM - Ratusan pekerja migran Indonesia (PMI) masih dirawat di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang. Mereka beberapa waktu lalu dinyatakan positif COVID-19 sehingga harus menjalani isolasi.

Kepala RSKI Pulau Galang, Kolonel Khairul Ihsan Nasution mengatakan, masih terdapat 231 orang PMI yang dirawat rumah sakit tersebut. Ia berharap dua hari ke depan seluruhnya bisa pulang.

"Diharapkan dua hari ke depan sudah habis, karena hari rawatannya sudah mencapai 8 sampai 9 hari," kata Khairul dikutip dari ANTARA, Minggu (9/5/2021).

Khairul menjelaskan, setiap PMI yang baru tiba di Batam harus menjalani perawatan selama 10 hari di RSKI COVID-19. Saat ini, kata dia, RSKI COVID-19 hanya menangani PMI dan warga negara asing yang positif Virus Corona.

Dia mencatat, terdapat dua WN Singapura yang tengah menjalani perawatan di sana. Menurut dia, penanganan WNA tidak dibedakan dengan PMI. Sedangkan warga Batam yang positif COVID-19, kata dia, tidak lagi dirawat di RSKI Pulau Galang.


"Yang masyarakat Batam tidak kami terima lagi," kata dia.

Sementara itu, kondisi tenaga kesehatan yang bertugas di sana menurut Khairul dalam keadaan baik dan tetap bersemangat.

"Sampai saat ini semua tetap semangat, moril masih tinggi karena honor insentif baru cair, sehingga mental kuat di sana. Saya rasa itu berpengaruh," kata dia.

Editor: Khoirur Rozi