POLHUKAM

Kapolri Larang Objek Wisata di Zona Merah Beroperasi

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (ANTARA)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (ANTARA)

INFO INDONESIA. JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan, objek wisata yang berada di zona merah dilarang beroperasi. Hal ini untuk mencegah kerumunan yang berpotensi penularan COVID-19.

"Kami minta zona merah itu tidak membuka wisata," ujar Kapolri Listyo Sigit Prabowo saat meninjau penyekatan mudik Lebaran 2021, di Dermaga Pelabuhan Merak, Banten seperti dikutip dari ANTARA, Minggu (9/5/2021).

Sementara itu, objek wisata yang berada di luar zona merah boleh beroperasi dengan protokol kesehatan ketat. Sebelum masuk lokasi wisata, pengunjung wajib menjalani pemeriksaan suhu tubuh dan memakai masker serta jaga jarak.

Pemeriksaan protokol kesehatan itu, kata dia, untuk mengantisipasi pengunjung yang terpapar COVID-19. Selain itu, petugas juga dapat mendirikan posko di lokasi wisata.

"Kami minta petugas dapat melaksanakan pemeriksaan, agar pengunjung menaati protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan," jelasnya.


Ia mengingatkan petugas tetap harus mewaspadai varian baru penyebaran COVID-19 tersebut, agar tidak menularkan kepada masyarakat.

Saat ini, kata dia, angka penularan COVID-19 di Indonesia terjadi kenaikan dari sebelumnya 4.000 kini menjadi 6.000 jiwa per hari.

Di samping itu, ia berharap penyekatan mudik dapat berjalan dengan lancar demi mencegah penyebaran COVID-19.

"Kami berharap penyekatan itu dapat dilaksanakan dengan baik untuk mencegah pemudik Lebaran guna mengantisipasi penyebaran Corona," imbuhnya.

Editor: Khoirur Rozi