WARNA-WARNI

Kedatangan Penumpang Kereta Api Jarak Jauh di Jakarta Terpantau Landai

Stasiun Pasar Senen, DKI Jakarta. (Dok. Humas KAI Daop 1)
Stasiun Pasar Senen, DKI Jakarta. (Dok. Humas KAI Daop 1)

JAKARTA - Kahumas Daerah Operasi Kereta Api Indonesia (Daop) 1 Jakarta Eva Chairunisa menuturkan arus penumpang datang yang menggunakan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) terpantau kondusif. Adapun saat ini pada masa peniadaan mudik 6 - 17 Mei 2021, jumlah KA yang datang juga masih terbatas sama dengan jumlah KA yang berangkat, yakni tujuh KA per hari. 

"Dari tujuh KA yang tiba di area Daop 1 Jakarta pada Senin 17 Mei 2021 terdapat empat KA tiba di Stasiun Gambir dan tiga KA lainnya tiba di Stasiun Pasar Senen. Untuk volume kedatangan hingga kini terpantau landai dan kondusif," tutur Eva dalam keterangan tertulisnya, Senin (17/5/2021).

"Di Stasiun Pasar Senen terdapat sekitar 1200 penumpang yang akan tiba hari ini, sementara di Stasiun Gambir terdapat sekitar 900 penumpang tiba. Jumlah tersebut menurun jika dibandingkan volume kedatangan pada masa pandemi. Normalnya di masa pandemi untuk volume kedatangan di Stasiun Pasar Senen berkisar hingga sekitar 5.000 penumpang, sedangkan untuk Stasiun Gambir berkisar hingga 3.500 penumpang," tambahnya.

Daop 1 Jakarta memastikan seluruh penumpang yang tiba di Gambir dan Pasar Senen telah memenuhi persyaratan kesehatan lantaran pemeriksaan persyaratan berkas pemeriksaan COVID-19 untuk seluruh penumpang berangkat telah dilakukan di stasiun awal keberangkatan di area Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Daop 1 Jakarta memastikan seluruh penumpang yang tiba di Gambir dan Pasar Senen telah memenuhi persyaratan kesehatan lantaran pemeriksaan persyaratan berkas pemeriksaan COVID-19 untuk seluruh penumpang berangkat telah dilakukan di stasiun awal keberangkatan di area Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Melalui pemeriksaan persyaratan berkas PCR, Rapid Antigen atau Genose Tes di awal tersebut maka pengguna yang tiba di stasiun akhir dapat langsung keluar melalui pintu kedatangan. 


PT KAI Daop 1 Jakarta memastikan seluruh protokol kesehatan dan persyaratan perjalanan di masa pandemi konsisten diterapkan guna mendukung upaya pemerintah dalam hal penanganan COVID-19. 

Informasi perjalanan KA dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) diantaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan [email protected] dan Sosial media @keretaapikita @kai121_ 

Editor: Khairisa Ferida