WARNA-WARNI

84 Pemudik yang Akan ke Jakarta Positif COVID-19

Petugas mendata pemudik sebelum mengikuti tes cepat antigen di Terminal Bus Kalideres, Jakarta, Senin (17/5/2021). (Dok. ANTARA FOTO/Fauzan/wsj)
Petugas mendata pemudik sebelum mengikuti tes cepat antigen di Terminal Bus Kalideres, Jakarta, Senin (17/5/2021). (Dok. ANTARA FOTO/Fauzan/wsj)

JAKARTA - Pos penyekatan arus balik Polda Metro Jaya dalam rentang waktu dua hari menemukan 84 pemudik yang hendak ke DKI Jakarta positif COVID-19.

"Jumlahnya yang positif 84 orang," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (18/5/2021), seperti dilansir Antara.

Yusri mengatakan 84 pemudik yang positif COVID-19 tersebut ditemukan dalam operasi yang digelar pada 16-17 Mei. Dalam dua hari tersebut tercatat ada 15.024 pemudik yang telah menjalani tes usap antigen di 14 titik penyekatan arus balik Polda Metro Jaya.

Pemudik yang terkonfirmasi reaktif COVID-19 itu saat ini tengah menjalani isolasi. Sebanyak 46 pemudik di antaranya menjalani isolasi mandiri, 33 dirujuk ke Wisma Atlet dan rujukan lain lima orang.

Polda Metro Jaya telah menyiapkan 14 titik pemeriksaan surat keterangan bebas COVID-19 yang juga menyediakan layanan tes usap (swab) antigen gratis. Pos tersebut disiapkan setelah penerapan kebijakan pemudik yang akan kembali ke Jakarta wajib mempunyai surat keterangan bebas COVID-19.


Apabila pemudik tidak mempunyai surat keterangan bebas COVID-19 maka yang bersangkutan akan diarahkan petugas untuk melakukan swab antigen di pos-pos yang sudah disediakan.

Pemudik yang negatif COVID-19 diperbolehkan melanjutkan perjalanan menuju ibu kota. Sedangkan yang positif akan dibawa ke Wisma Atlet Kemayoran untuk menjalani tes usap PCR.

Polda Metro Jaya memberlakukan operasi pemeriksaan pada arus balik hingga 24 Mei 2021 guna mengantisipasi penyebaran COVID-19 usai libur Idulfitri 1442 Hijriah.

Adapun lokasi pos pemeriksaan dan layanan tes usap antigen tersebut, yakni:
1. Area parkir KM 34B Cibatu Tol Cikampek arah Jakarta.
2. Terminal Kalideres.
3. Terminal Pulogebang.
4. Terminal Tanjung Priok.
5. Terminal Kampung Rambutan.
6. Kebon Nanas, Kota Tangerang.
7. Jatiuwung, Kota Tangerang.
8. Kantor Dishub Batuceper, Kota Tangerang.
9. Jalan Raya Rengas-Lemahabang, Kabupaten Bekasi.
10. Pos Sasak Jarang, Kota Bekasi.
11. Pos Tomyang, Kota Bekasi.
12. Jalan Raya Parung, Ciputat, Bojongsari, Depok.
13. Jalan Raya Bogor di SPBU Cilangkap.
14. Jalan Gatot Subroto, Bitung, Tangerang Selatan.

Editor: Khairisa Ferida