EKONOMI

Jokowi Tinjau Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang

Presiden Jokowi saat meninjau Ruas Tol Pekanbaru-Padang Seksi Pekanbaru-Bangkinang, Rabu (19/5/2021). (Dok. BPMI Setpres/Muchlis Jr)
Presiden Jokowi saat meninjau Ruas Tol Pekanbaru-Padang Seksi Pekanbaru-Bangkinang, Rabu (19/5/2021). (Dok. BPMI Setpres/Muchlis Jr)

JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangunan Tol Pekanbaru - Bangkinang, yang berlokasi di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, pada Rabu (19/5/2021). Jalan tol sepanjang 40 kilometer ini merupakan salah satu seksi dari ruas Tol Pekanbaru - Padang, yang termasuk ke dalam jaringan Tol Trans Sumatra.

"Ini berada di sirip Pekanbaru - Bangkinang dan nanti ke arah Padang. Sudah berjalan kurang lebih 40 kilometer dan kita harapkan progresnya makin hari makin panjang," ujar Presiden Jokowi usai meninjau pembangunan Tol Pekanbaru - Bangkinang.

Sampai saat ini, proses pembebasan lahan yang diperlukan untuk pembangunan jalan tol seksi ini telah mencapai 60,70 persen, sementara untuk proses konstruksi telah mencapai 65,60 persen. Pembangunan ditargetkan selesai pada Desember 2021. 

Pengerjaan pembangunan ruas tol ini ini dilakukan dengan melibatkan subkontraktor lokal dan juga program padat karya tunai yang mampu menyerap sekitar 5.800 orang tenaga kerja.

Presiden Jokowi mengharapkan, dengan semakin banyaknya ruas jalan tol yang beroperasi juga akan semakin meningkatkan kecepatan pergerakan arus barang dan manusia antardaerah di tanah air.


"Sekali lagi, dengan terbukanya banyak ruas-ruas jalan tol ini, kita harapkan mobilitas barang, mobilitas orang bisa dipercepat, dan kita memiliki daya saing yang tinggi terhadap negara-negara lain," terang Presiden Jokowi.

Secara khusus, Presiden Jokowi berharap dengan beroperasinya ruas Tol Pekanbaru - Padang ini nantinya akan dapat meningkatkan mobilitas dan daya saing produk yang dihasilkan oleh Provinsi Riau dan Provinsi Sumatra Barat.

"Nantinya akan memiliki daya saing yang baik, terutama dalam rangka bersaing dengan produk-produk dari negara-negara lain," tandasnya.

Dilansir dari laman Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jalan Tol Pekanbaru - Padang sepanjang 254 kilometer merupakan koridor pendukung atau sirip dari Tol Trans Sumatra. Infrastruktur ini adalah salah satu proyek strategis nasional (PSN) sebagaimana tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 109 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Jalan tol ini terbagi menjadi enam seksi, yaitu Seksi I Padang - Sicincin, Seksi II Sicincin - Bukittinggi, seksi II Bukittinggi - Payakumbuh, Seksi IV Payakumbuh - Pangkalan, seksi V Pangkalan - Bangkinang dan seksi VI Bangkinang - Pekanbaru. Secara keseluruhan ruas Tol Pekanbaru - Padang ditargetkan beroperasi pada 2025.

Editor: Khairisa Ferida