DAERAH

Pemkot Tangsel Lakukan Berbagai Upaya Atasi Banjir

Rapat koordinasi penanganan banjir. (Instagram/Pilarsaga_official)
Rapat koordinasi penanganan banjir. (Instagram/Pilarsaga_official)


INFO INDONESIA. TANGSEL - Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terus berupaya menyelesaikan masalah banjir yang kerap terjadi di beberapa wilayah. Sejumlah kebijakan diterapkan demi kepentingan masyarakat.

"Di hari libur, tetap semangat bekerja tuntaskan kepentingan masyarakat. Pagi ini kami rapat kordinasi bersama Pak Wali Kota, Sekda, dan jajaran OPD atas urgensi penanganan banjir yang menghantam wilayah Pondok Aren dan Serpong Utara," kata Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan, Sabtu (22/5/2021).

Menurut Pilar, ada beberapa titik konsentrasi penanganan banjir di Tangsel, yakni Perumahan Maharta, Kampung Bulak, Kayu Gede, dan lainnya. Ia pun telah meninjau wilayah tersebut untuk memastikan penanganan banjir berjalan baik.

"Lokasi tersebut menjadi prioritas penanganan, yang dari hari ke hari progres dari semua dinas terkait kami terus pantau sampai status darurat banjir bisa tertangani," ungkapnya.

Selain meninjau langsung, Pemkot Tangsel juga telah berkoordinasi dengan pihak Balai Besar Wilayah Sungai Angke, Cisadane, dan Pesanggrahan di Kementrian PUPR.


"Juga dengan pihak swasta yang lahannya berdampingan dengan area banjir, untuk pemanfaatan aset lahannya menjadi Polder tempat penampung air," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, ada beberapa usulan teknis yang tengah dibahas secara matang agar menjadi solusi tepat. Ia pun berharap tak ada lagi rumah warga yang terdampak bencana banjir.

"Kami pun terus menurunkan pihak BPBD, PU, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, dan beberapa dinas lainnya beserta Camat dan Lurah untuk selalu siaga 24 jam mengawasi pergerakan air dan mengantisipasi kemungkinan air kembali memasuki wilayah permukiman," terangnya.

"Kami memohon doa dari semua pihak, agar upaya dan langkah yang kami lakukan bisa diselesaikan secepat mungkin. Demi keselamatan, keamanan, dan kenyamanan seluruh warga masyarakat," imbuhnya.


Video Terkait:
Pegawai Kelurahan Lakukan Pelecehan Terhadap 3 Siswi Magang
Editor: Khoirur Rozi