OLAHRAGA

Kabupaten Mimika Hentikan Persiapan PON, Begini Tanggapan KONI Pusat

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman. (Info Indonesia/Dimas Ramadhan)
Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman. (Info Indonesia/Dimas Ramadhan)

INFO INDONESIA. JAKARTA - Kabupaten Mimika menjadi salah satu tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang memilih menghentikan seluruh persiapan. Bupati Mimika, Eltinus Omaleng menegaskan, daerahnya enggan melanjutkan persiapan hingga Panitia Besar (PB) PON Papua memberikan kepastian terkait anggaran kegiatan tersebut.

Mengetahui hal itu, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman mengakui bahwa ada perdebatan antara PB PON dengan Kabupaten Mimika mengenai anggaran.

"Sebetulnya masalah ini adalah masalah pada saat rapat pleno antara PB Pon dengan sub PB PON dalam hal ini Kabupaten Mimika. Ada perdebatan masalah anggaran yang belum cocok," kata Marciano Norman usai melakukan rapat koordinasi (rakor) penyelenggaraan PON di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Selasa (8/6/2021).

Menurut dia, sub PB PON di empat klaster sampai saat ini belum menerima kejelasan terkait anggaran dari PB PON, sementara pemerintah daerah sudah banyak menggelontorkan dana untuk pembangunan infrastruktur dan venue pertandingan pesta multiajang nasional tersebut.

"Anggaran yang diajukan oleh Kabupaten Mimika itu nantinya akan didukung. Hanya mungkin tahapannya sesuai dengan aliran anggaran yang juga datang sebagian dari APBN, APBD, itu yang nanti akan diberikan. Tetapi kita mendengarkan keluhan itu, dan saya sudah laporkan kepada Pak Menpora tentang peristiwa itu," ucap Marciano.


"Terkait dengan konsumsi, transportasi, akomodasi, itu nanti akan dipertimbangkan oleh Pak Menpora. Dikoordinasikan juga dengan kementerian terkait apakah itu bisa langsung diberikan kepada mereka sehingga akan memberikan dukungan penuh dan keluhan itu juga apabila betul-betul untuk kebaikan mengapa tidak kita dengarkan," sambungnya.

Lebih lanjut, eks Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) itu meyakini bahwa semua persoalan terkait anggaran telah dibicarakan dan segera dituntaskan, serta persiapan PON di Mimika akan kembali dilanjutkan. 

"Satu hal yang harus diingat bahwa keberhasilan PON Papua itu bukan hanya harga diri Papua, tapi bangsa Indonesia. Oleh karenanya, kita semua berkepentingan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang sebetulnya bisa diselesaikan di Papua sehingga tidak harus menyulitkan semuanya," tutup Marciano.

Editor: Khoirur Rozi