OLAHRAGA

Kalah dari Vietnam, Menpora Minta Masyarakat Tetap Dukung Timnas Indonesia

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali. (ANTARA)
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali. (ANTARA)

INFO INDONESIA. JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali meminta masyarakat tetap mendukung Timnas Indonesia meskipun menelan kekalahan telak. Diketahui Indonesia harus menyerah 4-0 dari Vietnam dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Dubai, Uni Emirat Arab, pada Senin (7/6/2021) malam.

"Tetap beri dukungan, jangan mereka sampai dicemooh, dibully dan sebagainya karena ini anak-anak yang secara mental masih sangat muda," ujar Menpora Zainudin Amali saat konferensi pers di Gedung Kemenpora, Selasa (8/6/2021).

Menpora menuturkan, dirinya masih menaruh harapan kepada Timnas Indonesia yang berlaga di Dubai. Dia pun mengajak semua pihak untuk melakukan hal yang sama seperti dirinya dengan memberikan dukungan sewajarnya serta tidak mencaci-maki para pemain.

"Jadi itu saja, tetap dukung timnas kita apapun hasilnya dalam yang didapat di Dubai, jangan dipermasalahkan. Tetapi kita lihat betul ada perkembangan yang ke arah progresif yang bagus untuk timnas kita," jelas Zainudin.

Dalam kesempatan itu, Zainudin juga memberikan catatannya mengenai kekalahan telak yang dialami Timnas Indonesia. Menurutnya, terdapat perbedaan kelas antara tim yang diasuh Shin Tae-yong dengan Timnas Vietnam.


"Pertama adalah ini memang kelasnya berbeda. dari ranking FIFA kita di bawah Vietnam. Kemudian, di pertandingan ini, Vietnam masih punya harapan, sementara kita tertutup, sudah tidak ada. Tetapi kesempatan ini akhirnya kita gunakan untuk mempersiapkan atlet kita untuk berlaga di SEA Games. Oleh karena itu, maka yang dibawa adalah mereka yang rata-rata sesuai dengan usia SEA Games. Cuma ada beberapa yang senior," ucap Menpora.

Kedua, kata Zainudin, pengalaman bertanding para pemain Timnas juga masih minim. Dia mengatakan, hanya ada beberapa pemain saja yang sudah pernah bertemu dengan Vietnam, seperti Evan Dimas Darmono dan Osvaldo Haay.

Lebih lanjut, Zainudin mengaku bahwa memang masih ada banyak hal yang harus dibenahi oleh Shin Tae-yong sebagai pelatih. Dia pun berharap pertandingan Timnas Indonesia di Dubai ini bisa dimaksimalkan untuk persiapan SEA Games 2021.

"Oleh karena itu, saya tetap menaruh harapan, perta kepada pelatih Shin Tae-yong karena banyak hal yang dibuat dan menjadi improve dari tim kita. Kedua adalah banyak hal yang harus dibenahi," jelas Zainudin Amali.

"Ini masih ada waktu dan mudah-mudahan pada saat kompetisi Liga 1 dan Liga 2 ini jadi ajang untuk pematangan mereka untuk berkompetisi," imbuhnya.

Editor: Khoirur Rozi