POLHUKAM

Tidak Calonkan Surya Paloh, NasDem Seleksi 3 Gubernur Ini untuk Pilpres 2024

Ketua DPP Partai NasDem, Saan Mustopa. (Info Indonesia/Dimas Ramadhan)
Ketua DPP Partai NasDem, Saan Mustopa. (Info Indonesia/Dimas Ramadhan)

INFO INDONESIA. JAKARTA - Ketua DPP Partai NasDem, Saan Mustopa memastikan partainya tidak akan mencalonkan Surya Paloh pada Pilpres 2024. Menurut Saan, Ketua Umum partainya itu tidak berambisi menduduki jabatan publik.

"Bahkan Ketum sejak 2014 telah menyatakan sikapnya untuk menjadi seorang negarawan dan ingin melahirkan calon-calon pemimpin terbaik di Republik ini," kata Saan dalam keterangan tertulis, Kamis (10/6/2021).

Menurut Saan, Partai NasDem bakal mengadakan konvensi calon presiden. Dari konvensi ini, katanya, bakal terpilih tokoh terbaik yang akan diusung NasDem pada Pilpres 2024.

"Pasti saat konvensi capres digelar pada 2022, akan ada banyak calon yang mengikutinya. Hasilnya akan terpilih tokoh terbaik dan seorang negarawan yang akan diusung NasDem," ujarnya.

Ia pun menyebutkan sejauh ini ada tiga tokoh yang akan mengikuti Konvensi NasDem, yakni Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan; Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil; dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.


Saan menjelaskan, konvesi ini dilakukan sebagai bentuk rekrutmen calon presiden secara transparan dan bisa dipertanggungjawabkan kepada publik. Melalui konvensi, Ia juga berharap NasDem bisa menjadi partai inklusif atau bisa menerima berbagai pandangan politik dari berbagai kalangan.

"Jadi sejak pencarian capres, NasDem ingin melibatkan publik. Tidak hanya saat pencalonan dan pemilihan, tetapi sejak awal," katanya.

"Dengan mengedepankan prinsip transparansi dari bawah ke atas, konvensi berefek secara positif bagi penguatan kelembagaan partai sebagai ruang dan basis rekrutmen kepemimpinan nasional," imbuhnya.

Editor: Khoirur Rozi