POLHUKAM

Tak Ada Kompromi Bagi Pelanggar PPKM Mikro di DKI Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat mengecek kesiapan personel pada apel gabungan di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Jumat (18/6/2021) sore. (Dok. Antara/MENTARI DWI GAYATI)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat mengecek kesiapan personel pada apel gabungan di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Jumat (18/6/2021) sore. (Dok. Antara/MENTARI DWI GAYATI)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan bahwa mulai Jumat (18/6/2021) malam, penindakan atas berbagai pelanggaran terhadap pembatasan kegiatan di ibu kota dilakukan tanpa kompromi.

"Seluruh jajaran yg hadir di sini Kodam Jaya, Polda Metro Jaya, termasuk jajaran Pemprov DKI kita semua turun ke lapangan, malam ini lakukan operasi pendisiplinan tanpa kompromi," kata Anies di Monas, Jumat petang, seperti dilansir Antara.

Terkait hal itu, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI Jakarta mengadakan gelar pasukan dalam rangka pengetatan PPKM Mikro di Lapangan Monas. 

"Seluruh kegiatan harus terhenti pukul 9 malam, nggak ada pengecualian," tandas Anies.

Anies menekankan bahwa menjadi tugas dari seluruh jajaran Forkopimda untuk mengampanyekan, mengingatkan dan mendisiplinkan seluruh lapisan masyarakat.


"Harap juga ingatkan kepada seluruh masyarakat bahwa penegakan aturan bukan semata demi penegakan aturan. Katakan bahwa ini demi keselamatan Anda," ujar Anies.

"Ini untuk melindungi kita semua, menaati adalah menghargai. Menghargai sesama dan menghargai orang lain," sambungnya.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta, jumlah kasus aktif di Jakarta naik 2.173 kasus sehingga total terdapat 24.511 orang yang masih dirawat/isolasi. Sedangkan jumlah kasus positif secara total di ibu kota sebanyak 463.552 kasus.

Dari jumlah total kasus positif, 431.264 orang sudah dinyatakan sembuh dan 7.777 orang meninggal. Untuk persentase kasus positif (positivity rate) sepekan terakhir di Jakarta sebesar 21,8 persen, sedangkan persentase kasus positif secara total sebesar 11,1 persen.

Editor: Khairisa Ferida