EKONOMI

Komisi VI Sarankan Garuda Lakukan Restrukturisasi Perusahaan

Pesawat Garuda.
Pesawat Garuda.

JAKARTA - Komisi VI DPR RI merekomendasikan PT Garuda Indonesia (Persero) merestrukturisasi perusahaan untuk mengatasi kesulitan finansial. Langkah ini juga dinilai sebagai upaya meyelamatkan Garuda dari kerugian.

"Komisi VI DPR RI meminta PT Garuda Indonesia untuk memfinalisasi opsi-opsi penyelamatan terkait restrukturisasi Garuda," kata Pimpinan Komisi VI DPR, Mohammad Haekal dikutip dari Antara, Senin (21/6/2021).

Haekal mengatakan, Komisi VI juga meminta Garuda Indonesia untuk berkoordinasi dengan Kementerian BUMN serta melakukan evaluasi secara cepat dan maksimal untuk meminimalisir kerugian operasional. Selain itu, Garuda juga perlu melakukan renegosiasi dengan pihak perusahaan penyewaan pesawat (lessor), dan merestrukturisasi utang perusahaan.

"Juga penyelesaian dengan karyawan sesuai Undang-undang yang berlaku. Ini harus dilakukan agar kerugian tidak terus terjadi," ujarnya.

Komisi VI juga menyerukan agar seluruh perjalanan dinas luar kota instansi pemerintah menggunakan pesawat Garuda atau Citilink.


Dengan sejumlah rekomendasi tersebut, Komisi VI DPR RI memberikan waktu kepada Garuda Indonesia untuk menyampaikan jawaban tertulis paling lama 10 (sepuluh) hari kerja atas pertanyaan anggota Komisi VI.

Editor: Khoirur Rozi