OLAHRAGA

Hasil dan Klasemen Grup D Euro 2020: Inggris, Kroasia dan Ceko Kompak Lolos ke 16 Besar

Kapten tim nasional Kroasia Luka Modric melakukan selebrasi seusai memastikan lolos ke babak 16 besar Euro 2020, Selasa (22/6/2021) waktu setempat.(Dok. ANTARA/REUTERS/POOL/Andy Buchanan)
Kapten tim nasional Kroasia Luka Modric melakukan selebrasi seusai memastikan lolos ke babak 16 besar Euro 2020, Selasa (22/6/2021) waktu setempat.(Dok. ANTARA/REUTERS/POOL/Andy Buchanan)

JAKARTA - Dua pertandingan terakhir di grup D Euro 2020 telah digelar serentak pada Rabu (23/6/2021) dini hari. Hasilnya, Inggris lolos ke babak 16 besar Euro 2020 dengan status juara grup.

Inggris tidak sendiri melaju ke babak selanjutnya. The Three Lions ditemani Kroasia yang berstatus runner-up dan Republik Ceko yang juga berhak melaju karena jadi satu dari empat tim peringkat tiga terbaik.

Bertanding di Stadion Wembley, Inggris mulai tampil menekan sejak menit awal. Bahkan, ketika laga baru memasuki menit ke-2, The Three Lions sudah mendapatkan peluang lewat Raheem Sterling. Sayang, sepakan pemain Manchester City itu hanya mengenai mistar gawang.

Setelah menggempur pertahanan Ceko secara terus menerus, akhirnya serangan Inggris membuahkan hasil. Pada menit ke-12, berawal dari terobosan Jack Grealish di sisi kiri, memberikan umpan silang dan mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Sterling. Skor pun berubah 1-0 untuk keunggulan Inggris.

Pasca-gol tercipta, pertandingan berjalan makin sengit. Inggris terus menekan dan Ceko pun mencoba bangkit. Namun, tidak satu gol pun tercipta hingga babak pertama berakhir.


Memasuki babak kedua, baik Inggris dan Ceko masih saling coba memberikan penampilan terbaiknya. Namun, laga justru berjalan alot dan kedudukan 1-0 berakhir hingga peluit panjang berbunyi.

Bergeser ke Hampden Park, Glasgow, terdapat laga yang tak kalah penting dan menarik. Duel Kroasia vs Skotlandia juga memperebutkan satu slot untuk lolos ke 16 besar Euro 2020.

Sebagai tuan rumah, Skotlandia sebenarnya memiliki keunggulan lebih. Namun, malah Kroasia yang mendominasi sejak pertandingan dimulai. Hasilnya, pada menit ke-17, Kroasia membuka keunggulan lewat Nikola Vlasic usai mendapatkan umpan dari Ivan Perisic.

Tertinggal satu gol, Skotlandia mencoba bangkit. Benar saja, tiga menit jelang babak pertama berakhir, gelandang Callum McGregor mencetak gol dan menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Di babak kedua, Kroasia kembali tampil dominan sejak awal. Luka Modric membawa timnya unggul lagi di menit ke-62 usai mendapat umpan dari Mateo Kovacic.

Keunggulan 2-1 tak membuat mereka cepat puas. Pada menit ke-77, sundulan Perisic memastikan kemenangan dengan skor 3-1 atas Skotlandia.

Atas hasil-hasil tersebut, Inggris keluar sebagai juara grup D dengan mengoleksi tujuh poin. The Three Lions mencatatkan dua kemenangan dan satu imbang.

Kroasia menyusul di peringkat kedua dengan perolehan empat poin, sama dengan Ceko. Namun, The Blazers unggul produktivitas gol. Diketahui, dari tiga pertandingan fase grup, Kroasia tercatat mencetak empat gol, sedangkan Republik Ceko hanya mencatatkan tiga gol saja.

Meski begitu, Ceko berhak melaju ke babak 16 besar mendampingi Inggris dan Kroasia. Pasalnya, status mereka sama seperti Swiss yang lolos lewat jalur peringkat tiga terbaik.

Sementara Skotlandia harus puas menempati juru kunci grup D Euro 2020. Mereka hanya mampu mengumpulkan satu poin setelah imbang 0-0 dengan Inggris beberapa waktu lalu.

Klasemen Akhir Grup D Euro 2020:
1. Inggris 7 poin (Gol 2 - Kebobolan 0)
2. Kroasia 4 poin (Gol 4 - Kebobolan 3)
3. Republik Ceko 4 poin (Gol 3 - Kebobolan 2)
4. Skotlandia 1 poin (Gol 1 - Kebobolan 5)

 

 

Editor: Khairisa Ferida