POLHUKAM

Headline Koran Info Indonesia

Penentu Pilpres 2024, JK Bakal Dukung Anies


JAKARTA – Menuju kontestasi pemilihan presiden (Pilpres) 2024, nama mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla mulai disebut menjadi salah satu tokoh yang bakal punya pengaruh besar atau king maker. Meski tidak aktif di pemerintahan, JK dinilai masih memiliki kekuatan politik yang besar untuk mendukung pencapresan.

Pengamat politik, Muhammad Mualimin, punya kesimpulan lain jika JK turun gelanggang dalam Pilpres 2024. Wakil presiden dua kali ini disebut bakal memberikan dukungan untuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres di 2024.

Mualimin mengatakan bahwa JK akan menggunakan pengaruhnya lewat orang-orang yang ada didekatnya, terutama lewat alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

"Akbar Tanjung, Bursah Zarnubi, Mahfud MD, Muhadjir Effendy, akan ada di kubu Jusuf Kalla," ujar Mualimin, baru-baru ini.

Menurut Mualimin, JK bakal habis-habisan mendukung Anies. Selama ini, Anies juga diketahui identik dengan dukungan dari organisasi massa Islam.


"Sebagai pengusaha dan kekuatan oligarki ekonomi, Jusuf Kalla pasti mampu menggalang dana untuk Anies. MUI dan ormas Islam lain juga bisa saja tertarik untuk bergabung mendukung Anies di Pilpres mendatang," ujarnya.

 

*) Baca berita selengkapnya di Koran Info Indonesia, edisi Kamis 24 Juni 2021.

Editor: Rio Taufiq Adam