TV

Varian Delta, Dokter Paru Curhat Kewalahan


INFO INDONESIA - Sebuah video yang dibagikan akun Instagram @jakartainformasi memperlihatkan curhat seorang dokter paru di RS Pertamina Jaya, Jakarta. Dirinya mengaku itu mengaku kewalahan dengan kasus varian Covid-19 Delta yang pertama kali diidentifikasi di India tersebut. 

Menurut sang dokter, varian Covid-19 Delta sangat mudah menular dan sulit terdeteksi. Bahkan terkadang perlu beberapa kali tes swab PCR untuk mendeteksi infeksi varian tersebut. 

"Kami di Jakarta sendiri sudah banyak. Kita sendiri sudah kewalahan dengan varian ini, dan sangat-sangat tidak bisa diremehkan,” tutur dia dikutip Info Indonesia hari ini, Sabtu 26 Juni 2021.

Kata dia, menjaga jarak hanya berfungsi untuk mencegah penularan secara droplet. Sedangkan aerosol atau partikel-partikel lebih kecil dari droplet masih bisa berkeliaran di udara dalam waktu tertentu. 

Akibatnya mereka yang tidak memakai masker sangat rentan terinfeksi. Dengan penularan varian Covid-19 Delta yang semakin tinggi, dokter wanita itu juga menganjurkan agar penggunaan masker dilakukan dua lapis, masker bedah dilapisi masker kain. 


"Mohon kesediaan masyarakat untuk menggunakan dan menjalani 5M ini. Kami sudah kewalahan, obat-obatan sudah banyak yang habis," demikian ungkapnya dalam video tersebut.

Editor: Andyanto