TV

Eks Menkes Minta Pemerintah Tidak Lockdown


INFO INDONESIA - Dari tayangan program "Apa Kabar Indonesia" yang diunggah akun Yotube TvOneNews, Sabtu 26 Juni 2021, Mantan Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Siti Fadilah menilai opsi lockdown tidak tepat.

Namun, dirinya menilai kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerapkan PPKM Mikro sudah benar. Pasalnya, PPKM Mikro dinilai paling sesuai dengan kondisi yang terjadi di Indonesia.

"Lockdown tidak tepat menurut saya, pilihan Jokowi pada PPKM Mikro per RT paling tepat," ungkapnya, dikutip Info Indonesia hari ini, Senin 28 Juni 2021.

Kata dia, masyarakat Indonesia terkenal dengan semangat gotong royongnya yang pasti akan membantu satu sama lain. Karena itu, opsi lockdown yang mengharuskan setiap warga untuk berdiam diri di rumah bukan merupakan ciri bangsa Indonesia.

Karenanya, Menkes era pemerintahan SBY ini meminta masyarakat untuk menolak kebijakan lockdown. Ia bahkan mendesak pemerintah untuk tidak nurut jika disuruh melakukan lockdown.


"Jangan nurut disuruh lockdown, berat! Bisa banyak orang enggak makan, pemerintah juga berat, apalagi dengan kondisi ekonomi kita sekarang ini. Karena lockdown pemerintah akan biayai masyarakat," demikian Siti Fadilah.

Editor: Andyanto