POLHUKAM

Ketua MPR Minta Pemerintah Lebih Tegas Selama PPKM Darurat

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet). (ANTARA)
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet). (ANTARA)

JAKARTA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta pemerintah beserta aparat lebih tegas menegakan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Ia juga meminta adanya bantuan sosial bagi warga terdampak kebijakan ini.

"Saya meminta pemerintah pusat dan pemerintah daerah bersama aparat agar dalam penerapan PPKM Darurat nantinya upaya penegakan disiplin dilakukan secara lebih tegas dan tidak tebang pilih, sekaligus memberikan jaminan sosial bagi warga terdampak secara ekonomi selama PPKM Darurat diberlakukan," kata Bamsoet dalam keterangan tertulisnya, Kamis (1/7/2021).

Selain itu, Bamsoet juga meminta pemerintah menjamin ketersediaan fasilitas kesehatan, termasuk obat-obatan dan tabung oksigen.

"Mengingat, di tengah lonjakan kasus saat ini fasilitas kesehatan yang menangani COVID-19 sudah hampir kolaps," ujar Bamsoet.

Bamsoet juga mengusulkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan di luar Pulau Jawa dan Bali selama minimal tiga pekan. Menurutnya, cara ini terbilang efektif menekan laju penularan virus.

"Mengingat, cara itu dinilai efektif menahan laju lonjakan penularan COVID-19," ujarnya.


Editor: Khoirur Rozi