WARNA-WARNI

Rachmawati Soekarnoputri Wafat, Dahnil Anzar: Saya Bersaksi Bu Rachma Orang Baik

Ungkapan belasungkawa Dahnil Anzar Simanjuntak atas wafatnya Rachmawati Soekarnoputri. (Dok. Instagram @dahnil_anzar_simanjuntak)
Ungkapan belasungkawa Dahnil Anzar Simanjuntak atas wafatnya Rachmawati Soekarnoputri. (Dok. Instagram @dahnil_anzar_simanjuntak)

JAKARTA - Politikus Partai Gerindra yang juga juru bicara Menteri Pertahanan Dahnil Anzar Simanjuntak menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Rachmawati Soekarnoputri.

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Kita kembali kehilangan salah satu tokoh pejuang politik perempuan yang konsisten berdiri bersama @gerindra dan Pak @prabowo selama ini," ungkap Dahnil seperti dikutip dari unggahannya via akun Instagram @dahnil_anzar_simanjuntak pada Sabtu (3/7/2021).

Dia menambahkan, "Komitmen kebangsaan beliau tak diragukan, sebagai putri Bung Karno beliau tak hanya mewarisi aliran darah Bung Karno tapi juga api semangat perjuangannya. Beliau salah satu tokoh senior yang sering menjadi teman diskusi bagi anak muda, termasuk teman diskusi Pak @prabowo. Saya bersaksi Bu Rachma orang baik dan InsyaaAllah beliau husnul khotimah."

Dalam ungkapan belasungkawanya, Dahnil menyebutkan bahwa Rachmawati Soekarnoputri wafat hari ini pukul 06.15 WIB di ICU RSPAD Gatot Subroto. 

Mendiang Rachmawati Soekarnoputri adalah Wakil Ketua Dewan Pembina DPP Gerindra. Kiprahnya di dunia politik juga tercatat sebagai pendiri Partai Pelopor.


Tidak hanya di dunia politik, Rachmawati Soekarnoputri juga menorehkan kontribusi di dunia pendidikan. Dia merupakan pendiri Yayasan Pendidikan Soekarno (YPS) dan Universitas Bung Karno (UBK). 

Rachmawati Soekarnoputri yang meninggal dunia pada usia 70 tahun merupakan anak ketiga dari pasangan Soekarno dan Fatmawati atau dengan kata lain dia merupakan adik kandung dari Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri.

Dukacita atas wafatnya Rachmawati Soekarnoputri juga diungkapkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

"Innalillahi wainnailaihi ro’jiun. Kita kembali berduka. Indonesia baru saja kehilangan sosok putri terbaik bangsa, Ibu Rachmawati Soekarnoputri, putri dari Presiden pertama kita, Ir. Soekarno," tulis Sandiaga Uno di akun Instagram @sandiuno.

"Terima kasih atas segala jasa yang engkau telah berikan untuk Bangsa ini. Kami tidak akan pernah lupa semangat juangmu yang tak pernah ada lelahnya. Allahummaghfirlahaa warhamhaa wa’aafiha wa’fu’anhaa," imbuhnya.

Editor: Khairisa Ferida