WARNA-WARNI

Megawati dan PDI P Sangat Berduka Atas Wafatnya Rachmawati Soekarnoputri

Ungkapan belasungkawa Dahnil Anzar Simanjuntak atas wafatnya Rachmawati Soekarnoputri. (Dok. Instagram @dahnil_anzar_simanjuntak)
Ungkapan belasungkawa Dahnil Anzar Simanjuntak atas wafatnya Rachmawati Soekarnoputri. (Dok. Instagram @dahnil_anzar_simanjuntak)

JAKARTA - Presiden Kelima RI yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sangat berduka atas wafatnya sang adik Rachmawati Soekarnoputri.  

"Ibu Megawati Soekarnoputri sangat berduka. Ibu Rachmawati adalah adik Beliau yang tumbuh dan sama-sama besar di Istana Negara, belajar menari bersama dan juga berjuang guna meneladani keseluruhan pemikiran dan perjuangan Bung Karno, proklamator dan bapak bangsa Indonesia. Semoga husnul khatimah," kata Sekjen Partai PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (3/7/2021).

 Menurut Hasto, Megawati telah berkomunikasi dengan putra tertua almarhumah, Rommy Soekarnoputro, untuk mengucapkan dukacita secara langsung.
 
"Serta memberikan doa terbaik bagi Ibu Rachmawati Soekarnoputri agar dilancarkan jalannya, diampuni dosa-dosanya dan kepada keluarga yang ditinggal mendapatkan kekuatan," tutur Hasto.
 
Lebih lanjut Hasto mengatakan, PDI Perjuangan pun mengucapkan duka cita yang mendalam. 

"Kami mendoakan Ibu Rachmawati dan partai memberikan penghormatan terbaik bagi almarhumah," ucap Hasto.
 
Seluruh ketentuan protokol kesehatan berkaitan dengan pemakaman almarhumah Rachmawati Soekarnoputri, kata Hasto, akan diikuti dengan sebaik-baiknya.

Rachmawati Soekarnoputri yang merupakan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra meninggal dunia pada Sabtu pagi di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto Jakarta. Hal tersebut dikonfirmasi Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad.
 
"Bu Soekarnoputri Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra telah berpulang tadi pagi pada pukul lebih kurang 06.15 WIB di RSPAD Gatot Subroto Jakarta," kata dia.
 
Dasco mengatakan keluarga besar Partai Gerindra merasa kehilangan yang mendalam atas berpulangnya Rachmawati Soekarnoputri.
 
"Kami mintakan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk mendoakan agar almarhumah husnul khotimah dan mohon dimaafkan segala kekhilafannya," ujarnya.


Mengutip pernyataan Dasco kepada Kompas.com, Rachmawati Soekarnoputri meninggal dunia akibat terpapar COVID-19.

Rachmawati Soekarnoputri merupakan anak ketiga dari pasangan Soekarno dan Fatmawati. Dia wafat pada usia 70 tahun.

Sebelum berlabuh di Gerindra, Rachmawati Soekarnoputri sempat mendirikan Partai Pelopor dan bergabung dengan Partai NasDem. Di dunia pendidikan, dia tercatat sebagai pendiri Yayasan Pendidikan Soekarno (YPS) dan Universitas Bung Karno (UBK). 

Rachmawati Soekarnoputri memiliki tiga anak, yakni Rommy Soekarnoputro dari pernikahannya dengan Martomo Pariatman Marzuki serta Muhammad Marhaendra Putra dan Muhammad Mahardhika Putra dari pernikahannya dengan Dicky Suprapto.

Editor: Khairisa Ferida