POLHUKAM

Polisi Usut Penyebab Kebakaran Gedung BPOM

Proses pemadaman api di Kantor BPOM Jakarta. (Foto: Dok. Damkar Jakarta Pusat/detik)
Proses pemadaman api di Kantor BPOM Jakarta. (Foto: Dok. Damkar Jakarta Pusat/detik)

JAKARTA - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyerahkan penyelidikan peristiwa kebakaran di gedungnya pada tadi malam kepada tim kepolisian setempat.

"Kebakaran terjadi sekitar pukul 21.30 WIB di lantai 1 Gedung F Barat BPOM Jakarta," demikian konfirmasi yang disampaikan BPOM secara tertulis, pada Senin (19/7/2021) pagi.

Dalam keterangan itu disebutkan bahwa sejumlah petugas sedang melakukan peremajaan panel listrik di salah satu ruangan beberapa saat sebelum terjadi kebakaran.
 
"Penyebab kebakaran masih dalam pendalaman penyelidikan oleh pihak Kepolisian Sektor Johar Baru, Jakarta Pusat,” kata pegawai Humas BPOM, Herma, ketika dikonfirmasi.
 
Herma memastikan bahwa kejadian tersebut tidak mengganggu fungsi pelayanan.

Dijelaskan Herma, api sudah berhasil dipadamkan sekitar pukul 22.00 WIB, setelah melibatkan delapan unit mobil pemadaman kebakaran dan sembilan unit mobil penunjang dari Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat.

BPOM memastikan peristiwa kebakaran tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Kerusakan terjadi di satu ruangan.


"Tidak mengganggu fungsi pelayanan di BPOM," katanya.

Kronologi Kebakaran

Dikabarkan Antara, kebakaran yang terjadi di Kantor BPOM, Jalan Percetakan Negara, Johar Baru, Jakarta Pusat pada Minggu (18/7/2021) malam berhasil ditangani setelah petugas melakukan pemadaman lebih dari tiga jam.

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Kasudin Gulkarmat ) Jakarta Pusat, Asril Rizal, mengatakan, kebakaran tersebut terjadi di lantai 1 salah satu gedung dengan luasan 200 meter persegi.

"Kerugian ditaksir Rp600 juta dengan luas area 8x25 meter atau 200 meter persegi," kata Asril saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

Asril menjelaskan bahwa kebakaran diduga terjadi akibat korsleting listrik.

Kronologi kebakaran berawal ketika Kantor BPOM sedang mengalami perbaikan panel di Gedung Lorong F Timur dan F Barat.

"Ketika menaikkan MCB, timbul ledakan. Petugas keamanan BPOM ingin melakukan pemadaman karena asap yang ditimbulkan pekat. Petugas kewalahan melakukan pemadaman," kata Asril.

Kebakaran terjadi pukul 21.31 WIB. Sebanyak 17 unit mobil pemadam dikerahkan, berikut pendukungnya seperti 8 pompa dan 9 pendukung.

Sebanyak 75 personel dilibatkan dalam upaya pendinginan "si jago merah". Kebakaran pun berhasil ditangani dan selesai pukul 00.42 WIB, pada Senin dini hari.

Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat menyatakan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini.

Editor: Halomoan