POLHUKAM

Ternyata Ini Alasan Pemerintah Beri Nama PPKM Level 4

Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan,
Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan,

JAKARTA - Pemerintah memberikan penjelasan terkait pergantian Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat menjadi PPKM Level 4.

Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pergantian nama tersebut merupakan perintah langsung dari presiden. Dia mengungkapkan, perubahan nama dilakukan agar lebih sederhana.

"Kita sudah dengar arahan presiden (Joko Widodo) kpada kami para pembantunya agar tidak lagi menggunakan PPKM Darurat ataupun Mikro. Namun kita gunakan yang lebih sederhana yaitu PPKM Level 4 yang berlaku hingga 25 Juli 2021," ujar Luhut dalam konferensi pers virtual, Rabu (21/7/2021) malam.

Luhut menjelaskan, aturan PPKM Level 4 ini sudah diterangkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 22 Tahun 2021. Dalam instruksi tersebut, terdapat urutan level dari 1-4 untuk penerapan PPKM.

Dia menambahkan, kriteria dalam penentuan level disesuaikan dengan indikator-indikator dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), yakni laju transmisi, respons sistem kesehatan, dan kondisi sosiologis masyarakat.


"Kita juga akan melihat data-data sehingga pada 26 Juli 2021 akan dilakukan relaksasi dan hubungan bertahap dibeberapa daerah. Apabila menunjukan perbaikan di segala sisi, terutama penurunan kasus," jelas dia.

Sebelumnya, pemerintah memberlakukan PPKM Darurat pada 3-20 Juli 2021 di Wilayah Jawa-Bali, kemudian memperpanjangnya hingga 25 Juli mendatang. Kemudian nama tersebut diganti menjadi PPKM Level 4 setelah muncul Instruksi Mendagri 22/2021.

Editor: Aprilia Rahapit