WARNA-WARNI

Hoaks: Donasi Kaos Oblong Bekas untuk Nakes

Informasi hoaks terkait donasi kaos oblong bekas untuk petugas medis dan relawan Satgas Covid-19. (Dok.BNPB)
Informasi hoaks terkait donasi kaos oblong bekas untuk petugas medis dan relawan Satgas Covid-19. (Dok.BNPB)

JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB( memastikan berita yang beredar di jejaring sosial mengenai donasi kaos oblong bekas untuk petugas medis dan relawan Satgas Covid-19  adalah hoaks, alias berita palsu.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, berita hoaks tersebut merupakan konten informasi serupa yang pernah tersebar di jejaring sosial WhatsApp pada April 2020 lalu.

"Sehubungan dengan hal tersebut, BNPB mengimbau masyarakat untuk lebih bijak dalam menyikapi atau pun menyebarluaskan berita yang dapat memicu kepanikan atau pun ketidaknyamanan masyarakat," ujarnya melalui keterangan tertulis, Jumat (23/7/2021). 

Ia menekankan, alangkah baiknya masyarakat memastikan kebenaran berita sebelum menyebarluaskan kembali melalui jejaring sosial atau pun media sosial, seperti melalui aplikasi whatsapp.  

Selain itu Ia mengatakan bahwa pemerintah telah menyediakan kanal informasi Hoax Buster seputar Covid-19 melalui tautan https://covid19.go.id/p/hoax-buster.


"Masyarakat dapat mengecek beragam berita atau informasi pada tautan tersebut untuk memastikan kebenaran berita atau informasi," tandasnya.

Editor: Aprilia Rahapit