POLHUKAM

Keputusan PPKM Level 4 Masih Dibahas

Ilustrasi penyekatan PPKM. (Net)
Ilustrasi penyekatan PPKM. (Net)

JAKARTA - Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 akan berakhir pada Senin (2/8/2021). Namun, hingga kini pemerintah belum memberikan kepastian terkait kelanjutan kebijakan tersebut. 

Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Jodi Mahardi, menyampaikan, keputusan soal hasil dan kelanjutan PPKM Level 4 hingga saat ini masih dirapatkan. 

"Ini masih dibahas di rapat terbatas (ratas)," kata Jodi, saat dihubungi, Senin (2/8/2021). 

Meski demikian, Jodi menyebut bahwa pengumuman itu akan disampaikan sebelum PPKM berakhir pada 2 Agustus 2021 atau hari ini. Sayangnya, dia enggan memberikan informasi lebih detail mengenai keterangan waktunya.

"Saya juga belum tahu kapan diumumkan oleh Presiden atau Pak Luhut. Sepertinya sih hari ini," ucapnya.


Seperti diketahui, PPKM merupakan kebijakan yang dibuat pemerintah yang bertujuan menekan laju penularan COVID-19. Sebelumnya, pemerintah telah melaksanakan PPKM Darurat yang awalnya diterapkan pada 3-20 Juli 2021 di wilayah Jawa dan Bali.

Kemudian, nama PPKM Darurat diubah menjadi PPKM Level 4 mulai 21-25 Juli 2021. Kasus positif COVID-19 yang masih tinggi, pemerintah kemudian memperpanjang lagi dari 26 Juli hingga 2 Agustus.

Meskipun telah diperpanjang sebanyak dua kali, namun hingga kini kasus positif harian masih cukup tinggi, yakni di atas angka 30 ribu sehari.

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo