OLAHRAGA

Raih Medali Emas Olimpiade Mimpi Greysia Polii Sejak Kecil

Pebulutangkis ganda Putri Indonesia Greysia Pollii (kiri) dan Apriyani Rahayu mencium medali emas yang berhasil mereka raih untuk nomor bulutangkis ganda putri Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Senin (2/8/2021). (ANTARA)
Pebulutangkis ganda Putri Indonesia Greysia Pollii (kiri) dan Apriyani Rahayu mencium medali emas yang berhasil mereka raih untuk nomor bulutangkis ganda putri Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Senin (2/8/2021). (ANTARA)

JAKARTA – Greysia Polii dan Apriyani Rahayu sukses menyumbangkan medali emas cabang olahraga badminton pada Olimpiade Tokyo 2020. Ganda putri Indonesia ini berhasil mengalahkan pasangan pebulutangkis asal China Chen Qing Chen dan Jia Yi Fan di partai final, Senin (2/8/2021).

Greysia Polii mengungkapkan, medali emas olimpiade merupakan mimpinya sejak kecil. Kini, impian tersebut berhasil ia wujudkan di Olimpiade Tokyo 2020.

"20 tahun lalu ketika saya masih berusia 13 tahun, saya tahu Indonesia belum membuat sejarah di ganda putri dan saya sabar,” ujar Greysia usai laga, dikutip dari laman resmi BWF.

“Saya tahu saya terlahir untuk menjadi pemain badminton dan saya percaya sejak berusia 13 tahun kalau saya ingin membuat sejarah di area ini. Tuhan memberi saya mimpi ini dan keyakinan di hati saya untuk memilih ini,” sambungnya.

Greysia menuturkan, sejak awal banyak orang yang meragukan Greysia/Apriyani bisa meraih emas di Olimpiade Tokyo 2020. Pasalnya, sektor ganda putri kerap kali dikuasai oleh China dan Korea Selatan, sementara Indonesia tidak punya sejarah meraih emas di sektor ini..


"Tapi saya tetap sabar dan berkomitmen. Butuh komitmen untuk mencapai mimpi emas ini. Sekarang kami di sini. Keluarga saya bilang ke saya jangan menyerah, jangan mundur,” jelas pemain berusia 33 tahun itu.

Kini, mimpi Greysia sejak 20 tahun lalu akhirnya terwujud. Dia bahkan sampai tak mampu berkata-kata lagi setelah mengetahui berhasil meraih emas. Pemain didikan klub Jaya Raya ini pun tak lupa mengucapkan terima kasih kepada pasangannya, Apriyani Rahayu.

"Saya tak bisa berkata-kata sekarang. Kami ada di sini meraih medali emas dan seperti ini rasanya memenangi medali emas. Tak bisa digambarkan. Medali ini sangat berharga bagi saya,” jelas dia.

“Terima kasih kepada Apriyani karena ia ingin mendampingi saya dan saya sangat menghargainya,” tandas Greysia.

Pencapaian Greysia/Apriyani kali ini memang terasa sangat spesial. Selain meneruskan tradisi emas Indonesia di pesta olahraga terbesar di dunia, mereka kini mencatatkan sejarah sebagai ganda putri Indonesia pertama yang sukses meraih emas olimpiade.

Editor: Khoirur Rozi