POLHUKAM

Pemerintah Perpanjang PPKM Level 4 Hingga 9 Agustus

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Dok Setkab)
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Dok Setkab)

JAKARTA – Pemerintah resmi memperpanjang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 mulai 3-9 Agustus 2021. Kebijakan ini berlaku di sejumlah kabupaten/kota di Indonesia.

“Pemerintah memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM level 4 dari tanggal 3 sampai dengan 9 Agustus 2021 di beberapa kabupaten, kota tertentu dengan penyesuaian pengaturan aktivitas dan mobilitas masyarakat sesuai kondisi masing-masing daerah,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam telekonferensi pers, Senin (2/8/2021).

Menurut Jokowi, selama PPKM Level 4 sebelumnya, yakni 26 Juli sampai dengan 2 Agustus, sejumlah tren positif mulai tampak. Misalnya, penambahan kasus positif COVID-19 harian menurun, tingkat kesembuhan bertambah, serta keterisian rumah sakit yang berkurang.

“PPKM level 4 yang diberlakukan tanggal 26 Juli sampai dengan 2 Agustus kemarin telah membawa perbaikan di skala nasional dibandingkan sebelumnya,” jelasnya.

Untuk mengurangi beban masyarakat, pemerintah tetap menyalurkan berbagai bantuan sosial. Jokowi pun meminta penyaluran bantuan tersebut dipercepat.


“Program keluarga harapan/PKH, bantuan sosial tunai/BST, dan BLT Desa. Bantuan untuk usaha mikro kecil, PKL dan warung, bantuan subsidi upah sudah mulai berjalan, dan program banpres produktif usaha mikro sudah mulai diluncurkan pada tanggal 30 Juli yang lalu,” ungkapnya.

Saksikan video menarik di bawah ini:

 

Editor: Khoirur Rozi