DAERAH

Masih PPKM, Pemprov DKI Jakarta Tiadakan Lomba 17 Agustus

Lomba peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia. (ANTARA)
Lomba peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia. (ANTARA)

JAKARTA – Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia biasanya diisi dengan berbagai kegiatan lomba. Namun untuk menghindari kerumunan selama pandemi COVID-19, perlombaan pun ditiadakan.

Pemprov DKI Jakarta turut memberlakukan larangan kegiatan lomba pada peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan pada 17 Agustus 2021 mendatang.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan, saat ini DKI Jakarta tengah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Sehingga, kegiatan yang berpotensi memicu kerumunan ditiadakan, termasuk lomba 17 Agustus.

"Kegiatan-kegiatan lomba sementara dilakukan secara daring atau virtual sebagaimana tahun lalu. Kecuali nanti ada kebijakan baru," kata Riza dikutip dari Antara, Rabu (4/8/2021).

Ia menuturkan, meskipun kasus COVID-19 di Ibu Kota tengah melandai, namun bukan berarti tidak ada risiko penularan. Oleh karena itu, ia mengingatkan warganya untuk tetap menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penularan COVID-19.


"Sejauh ini kita belum memperkenankan kegiatan langsung secara fisik yang dapat menimbulkan penularan COVID-19 sendiri," ujarnya.

Tak lupa ia mengajak warga Jakarta mendatangi sentra vaksinasi untuk mendapatkan vaksin COVID-19. Hal ini bertujuan mempercepat terbentuknya herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus corona.

"Kami minta seluruh warga Jakarta yang belum mendapatkan vaksinasi COVID-19 segera daftar di aplikasi JAKI datangi tempat-tempat sentra vaksinasi yang ada," imbuhnya.

Editor: Khoirur Rozi