EKONOMI

Harga BBM Berubah Diam-diam

Ilustrasi SPBU. (Net)
Ilustrasi SPBU. (Net)


JAKARTA - Presiden Joko Widodo telah menerbitkan aturan baru soal harga eceran hingga pendistribusian Bahan Bakar Minyak (BBM).

Aturan ini tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 69 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua atas Perpres Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak.

Hal ini turut dibenarkan oleh Pertamina. Aturan tersebut nantinya akan menjadi formula untuk
penetapan harga eceran BBM di Tanah Air.

Namun, implementasi Perpres 69/2021 itu, masih menunggu aturan turunan dari pihak terkait, dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sebagai acuan kebijakan. Bisa jadi lewat Peraturan Menteri atau turunan lainnya.

"Saat ini terkait Perpres tersebut, SH Commercial and Trading menunggu aturan turunannya sebagai acuan untuk pelaksanaan," kata Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Sub Holding Commercial & Trading, Putut Andriatno, Minggu (15/8/2021).


Namun, Pertamina belum berencana mengubah harga BBM dengan adanya Perpres 69/2021. Sehingga menunggu atas keputusan Kementerian ESDM. Terakhir kali Pertamina, mengumumkan harga BBM berubah pada April 2021.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Energy Watch, Mamit Setiawan mengatakan, dengan adanya Perpres 69/2021 terkait perubahan harga BBM, sebenarnya tidak ada yang banyak berubah. Dia menjelaskan, aturan tersebut hanya melengkapi dari sisi pengaturan yang ada sebelumnya Dia menjelaskan, penekanan perpres tersebut tidak menambah variabel baru, namun lebih kepada kepastian aturan yang dicantumkan. 

"Jadi untuk kepastian saya belum melihat ada potensi untuk adanya perubahan harga, meskipun harga itu pasti tetap ada dan memang itu mengikuti seiring naiknya harga minyak dunia dan kurs rupiah," ungkapnya.

Sejauh ini produk BBM yang dijual PT Pertamina (Persero) belum mengalami kenaikan.

"Harusnya peraturan yang ada ditegakkan benar-benar kemudian komponennya ada di harga minyak dunia naik akan tetapi pemerintah juga tidak menaikkan harga BBM. Masih ada controlling pemerintah terhadap BBM di Indonesia terhadap BUMN kita,” katanya.

Sekadar informasi, bukan hanya mengatur terkait penugasan, penyediaan, dan pendistribusian jenis BBM, solar (gas oil) dan minyak tanah (kerosene) maupun BBM khusus penugasan bensin RON 88 atau Premium kepada Badan Usaha. Tetapi Perpres 69/2021 ini juga mengatur tentang ketentuan harga jual eceran jenis BBM tertentu dan jenis BBM khusus penugasan tersebut.

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo