DAERAH

Besok Ganjil Genap Berlaku di Jalan Menuju Puncak Bogor

Situasi lalu lintas saat penerapan ganjil genap di Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANTARA)
Situasi lalu lintas saat penerapan ganjil genap di Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANTARA)


JAKARTA - Kepolisian Daerah Jawa Barat (Jabar) memberlakukan aturan ganjil genap kendaraan bermotor di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor. Kebijakan ini berlaku mulai 10-12 September 2021.

Wakapolda Jawa Barat, Brigjen Pol. Eddy Sumitro mengatakan, ganjil genap di Puncak bertujuan untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas pada akhir pekan.

Menurut Eddy, Polda Jabar mengoordinasikan lima polres dan polresta di Bogor Raya bersinergi melaksanakan kebijakan ganjil genap. Kebijakan ini kemudian akan dievaluasi pada akhir pekan berikutnya.

"Targetnya adalah penurunan angka kasus penularan COVID-19. Saat ini di seluruh Jawa Barat berada pada PPKM Level 3, kita harapkan secepatnya turun menjadi Level 2," kata Eddy dikutip dari Antara, Kamis (9/9/2021).

Kepolisian juga menyiapkan 14 lokasi penyekatan untuk mendukung kebijakan ganjil genap di Puncak. Lokasi penyekatan tersebut meliputi delapan titik di Kabupaten Bogor, dua titik di Kota Bogor, satu titik di Kabupaten Cianjur, dua titik di Kota Sukabumi, dan satu titik di Kabupaten Sukabumi.


Selain ganjil genap, ada dua strategi lain untuk mengurai kepadatan kendaraan, yakni sistem satu arah atau contraflow dan penutupan total akses menuju puncak.

Editor: Khoirur Rozi