EKONOMI

Dukung Pemprov Sumsel Bangkitkan Jiwa Usaha Pemuda Desa

Politikus PKB Sumsel, Ramlan Holdan. (Antara)
Politikus PKB Sumsel, Ramlan Holdan. (Antara)

PALEMBANG - Politikus dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumatera Selatan, Ramlan Holdan, mendukung pemerintah provinsi setempat membangkitkan jiwa usaha atau entrepreneur pemuda desa mengelola potensi sumber daya alam.

"Jiwa usaha atau entrepreneur pemuda perlu dibangkitkan sehingga terpacu memanfaatkan potensi desanya secara maksimal," kata Ramlan Holdan di Palembang, Minggu (12/9/2021).

Menurutnya, sebagian besar pemuda desa lebih tertarik bekerja di kantor baik sebagai pegawai negeri sipil (PNS) atau ASN serta pegawai perusahaan milik negara/swasta. Setelah menyelesaikan pendidikan tingkat SMA dan tingkat lanjutan D3 dan S1, pemuda desa berupaya mencari pekerjaan di kota-kota besar dan hanya sebagian kecil kembali ke desa.

Pola pikir pemuda desa tersebut secara bertahap perlu diubah dengan membangkitkan jiwa usaha memanfaatkan potensi desa sebagai pekerjaan mulia dan lapangan usaha untuk kemajuan serta kesejahteraan masyarakat. Jika pemuda desa kurang tertarik mengelola potensi daerahnya, orang dari luar yang akan masuk memanfaatkan sumber daya alam dan potensi pertanian, perkebunan, peternakan, serta potensi lainnya.

Sekarang ini desa yang memiliki sumber daya alam dan potensi daerah yang besar, banyak perusahaan yang datang untuk memanfaatkannya karena memiliki peluang bisnis yang menjanjikan keuntungan besar bahkan perusahaan ritel membangun jaringan pasar swalayan mini di desa.


"Kondisi tersebut jika dibiarkan berlangsung tanpa ada upaya membangkitkan jiwa usaha pemuda desa, semua potensi dimanfaatkan pihak luar sementara masyarakat setempat hanya menjadi penonton," kata Ketua DPW PKB Sumsel itu.

Sebelumnya Gubernur Sumsel, Herman Deru, mengatakan jiwa entrepreneur petani dan pemuda desa perlu dibangkitkan sehingga mereka mampu mengusahakan lahannya dan memanfaatkan potensi daerahnya menghasilkan berbagai produk pangan yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Seorang entrepreneur pasti memiliki jiwa pengusaha, dengan dibangkitkannya jiwa usaha bagi petani diharapkan mereka dapat memanfaatkan peluang usaha dari setiap kegiatannya.

Petani dan pemuda desa yang memiliki jiwa entrepreneur, tidak hanya mampu menjalankan bisnis untuk mendapatkan keuntungan dan mengatur keuangan, tetapi lebih peduli pada perubahan di sekitar dan fokus mengembangkan produk pertanian dan potensi lokal termasuk membangun desa wisata.

Kondisi sekarang ini sangat prihatin melihat kehidupan petani karena masih banyak yang susah dengan penghasilan di bawah standar buruh dan pemuda desanya lebih tertarik bekerja di kantoran.

Petani yang tergolong susah atau ekonomi lemah itu berdasarkan pengamatannya kurang kreatif dalam memanfaatkan pengolahan lahan dan tidak memiliki jiwa usaha.

Melihat fakta lapangan itu, PPL yang direkrut sejak dua tahun terakhir diberikan tugas tambahan, selain meningkatkan produksi dan kualitas hasil pertanian juga dituntut untuk membangkitkan jiwa usaha petani dan pemuda desa.

"Dengan memiliki jiwa usaha ini diharapkan petani dan pemuda desa mampu mengolah lahan dan seluruh potensi daerahnya secara maksimal dan memberikan pendapatan yang besar untuk kesejahteraan keluarganya," katanya.

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo