POLHUKAM

Bantu Afghanistan, Indonesia Sumbang Jutaan Dolar AS

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno LP Marsudi. (ANTARA)
Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno LP Marsudi. (ANTARA)

JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno LP Marsudi menegaskan bahwa keselamatan dan kehidupan masyarakat Afghanistan merupakan prioritas utama. Hal ini ia sampaikan saat menghadiri Pertemuan Tingkat Tinggi PBB terkait situasi kemanusiaan di Afghanistan.

Pertemuan ini dilaksanakan untuk menggalang dukungan negara-negara bagi bantuan kemanusiaan di negara yang tengah berkonflik itu.

​“Keselamatan dan kehidupan masyarakat Afghanistan adalah prioritas utama,” kata Retno dalam keterangan tertulis, Selasa (14/9/2021).

Retno menyampaikan, Indonesia berharap adanya pemerintahan yang inklusif, melindungi HAM, dan upaya mencegah merebaknya terorisme di Afghanistan. Hal ini menurutnya amat penting demi tercapainya Afghanistan yang aman.

Di samping itu, Retno menekankan pentingnya bantuan kemanusiaan dari dunia internasional untuk Afghanistan. Indonesia sendiri menurut Menlu bakal menyumbang sebesar 3 juta Dolar AS.


“Indonesia berkomitmen memberikan bantuan sebesar 3 juta Dolar Amerika Serikat (AS) kepada masyarakat Afghanistan, melalui mitra lokal yang terpercaya,” ujarnya.

Dari total bantuan tersebut, sebesar  150 ribu Dolar AS diperuntukkan bagi bantuan kemanusiaan dalam situasi darurat. Sedangkan 2,85 juta Dolar AS ditujukan untuk mendukung pembangunan selama tiga tahun ke depan, khususnya kesehatan, pendidikan, pemberdayaan perempuan, dan pertambangan.

Saat ini diperkirakan lebih dari 11 juta warga Afghanistan membutuhkan bantuan kemanusiaan darurat. Untuk itu, dibutuhkan setidaknya pendanaan sebesar 606 juta Dolar AS. Sekjen PBB mengimbau dukungan negara-negara, terutama membantu secara finansial untuk memastikan keberlangsungan bantuan bagi masyarakat Afghanistan yang membutuhkan.

Editor: Khoirur Rozi