DAERAH

Ganjil Genap di Jalur Wisata Bandung Mulai Berlaku

Polisi menerapkan gajil genap di Jalan Setiabudi, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (18/9/2021). (ANTARA)
Polisi menerapkan gajil genap di Jalan Setiabudi, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (18/9/2021). (ANTARA)


BANDUNG - Satlantas Polrestabes Bandung mulai menerapkan penyekatan ganjil-genap. Penyekatan ini mulai dari kawasan Terminal Ledeng, Kota Bandung menuju arah jalur wisata kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

KBO Satlantas Polrestabes Bandung, AKP Dody Kuswanto mengatakan, penyekatan itu dilakukan untuk membatasi mobilitas serta mengurai kemacetan pada akhir pekan.

"Untuk pelaksanaan dilaksanakan tadi mulai pukul 09.00 WIB sampai 17.00 WIB," kata Dody dikutip dari Antara, sabtu (18/9/2021).

Dodi menuturkan, ganjil-genap hanya berlaku bagi kendaraan yang hendak menuju ke arah utara. Petugas akan memilah kendaraan sesuai denga pelat nomor kendaraan.

Pada hari ini, katanya, kendaraan dengan angka akhir genap yang boleh. Jika angkanya ganjil, maka kendaraan itu akan dibelokkan ke arah Parongpong.


"Jadwal hari ini itu genap, jadi untuk yang ganjil di belok kirikan ke arah Jalan Sersan Bajuri," ujarnya.

Menurut Dody, penyekatan ganjil-genap menuju arah jalur wisata itu bakal diberlakukan setiap akhir pekan. Karena selain terkait masa PPKM, sistem itu dapat meminimalisasi kepadatan lalu lintas.

Selain di jalur wisata, ganjil-genap juga diberlakukan di lima gerbang tol yang merupakan akses masuk ke Kota Bandung. Lima gerbang tol itu di antaranya Gerbang Tol Pasteur, Pasirkoja, Kopo, Muhamad Toha, dan Buahbatu.


Video Terkait:
Jangan Mentang-mentang, Plat D 1 KV Bikin Gaduh Kota Bandung
Editor: Khoirur Rozi