POLHUKAM

Puan Ingatkan Pemerintah Antisipasi Klaster COVID-19 pada PON Papua

Ketua DPR RI, Puan Maharani. (ANTARA)
Ketua DPR RI, Puan Maharani. (ANTARA)

JAKARTA – Ketua DPR RI, Puan Maharani mengingatkan pemerintah mengawasi jalannya Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua. Puan khawatir ajang olahraga ini menimbulkan klaster penularan COVID-19.

Pemerintah, kata Puan, perlu menyiapkan langkah strategis untuk mengantisipasi hal tersebut. Ia ingin PON Papua dapat berjalan lancar.

“Jangan sampai PON menjadi klaster baru COVID-19,” ujar Puan dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/9/2021).

Kekhawatiran Puan bukan tanpa alasan. Menurutnya, sampai 15 September 2021, masih ada 7.861 kasus aktif COVID-19 di Papua. Oleh sebab itu ia meminta pemerintah pusat bekerja sama dengan daerah untuk mengantisipasi penularan COVID-19.

“Perlu ada upaya khusus untuk mencegah penyebaran virus Corona di Papua. Tokoh-tokoh masyarakat maupun tokoh agama di daerah itu perlu dilibatkan demi mendorong efektivitas edukasi ke rakyat di akar rumput,” ungkapnya.


Kemudian Puan juga menyoroti minimnya pencapaian vaksinasi COVID-19 di Bumi Cendrawasih itu. Ia mencatat, pada awal September, vaksinasi dosis pertama di lima kabupaten/kota penyelenggaraan PON baru sekitar 50 persen.

Selain itu, sebanyak 4,8 persen tenaga kesehatan di Papua juga belum menerima vaksin.

“Pemerintah wajib meningkatkan kewaspadaan menjelang dan selama penyelenggaraan PON dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” tambahnya.

Editor: Khoirur Rozi