OLAHRAGA

Muba Sukses Gelar Kejurnas Motoprix Piala Presiden 2021

Wakil Bupati Muba, Beni Hernedi, melepas stars dalam Kejurnas Motoprix Region A Putaran 3 Sumsel Piala Presiden 2021. (Ist)
Wakil Bupati Muba, Beni Hernedi, melepas stars dalam Kejurnas Motoprix Region A Putaran 3 Sumsel Piala Presiden 2021. (Ist)


SEKAYU - Sirkuit Internasional Skyland di Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin mencatat sejarah setelah berhasil menggelar Kejuaraan Nasional Motoprix Region A Putaran 3 Sumatera Selatan Piala Presiden 2021 pada 18-19 September 2021.

Event besutan Pemkab Muba melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata tersebut menjadi contoh perdana yang digelar pascapandemi COVID-19 di Indonesia. 

"Alhamdulillah, event Kejurnas Motoprix 2021 Piala Presiden di Sirkuit Internasional Skyland Kabupaten Muba berhasil digelar. Dan event ini akan menjadi barometer event nasional yang sukses digelar di tengah pandemi COVID-19," ungkap Bupati Dodi Reza Alex Noerdin, yang dalam kesempatan tersebut diwakili Wakil Bupati, Beni Hernedi, saat membuka Kejurnas Motoprix Piala Presiden 2021 di Sirkuit Internasional Skyland, Minggu (19/9/2021). 

Menurut Beni, menyukseskan event Kejurnas Motoprix Piala Presiden bukan perkara mudah. Terlebih, saat ini meski pandemi COVID-19 terus melandai namun pada protokol kesehatan harus benar-benar terlaksana dengan baik. 

"Berkat kerja keras seluruh panitia yakni Dispopar Muba bersama IMI Sumsel tentu event ini berjalan dengan baik dan sukses. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi Kabupaten Muba yang dipercaya bertindak sebagai tuan rumah," ujar Ketua PMI Muba tersebut. 


Dikatakan Beni, meski digelar tanpa penonton, namun Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Muba dapat memfasilitasi antusias penonton yang bisa menyaksikan event bergengsi itu secara live streaming di kanal Youtube. 

"Lewat siaran streaming di Youtube tersebut tidak hanya penonton dari Muba saja namun ribuan pecinta event balap motor dari seluruh Indonesia dapat menikmati event Motoprix Piala Presiden 2021 di Sirkuit Internasional Sekayu dengan antusias," tuturnya. 

Beni berharap, pascaevent Motoprix Piala Presiden 2021 itu dapat kembali menggelorakan agenda-agenda olahraga di Muba. 
"Sebagaimana kita ketahui, dengan semangat Pak Bupati Dodi Reza, Muba dapat kembali bangkit pascapandemi menjadi destinasi wisata olahraga di Indonesia," ujarnyanya. 

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Provinsi Sumsel, Augie Bunyamin, mengapresiasi fasilitas dan kesiapan Kabupaten Muba dalam menyukseskan Kejurnas Motoprix Region A Putaran 3 Sumsel Piala Presiden 2021. 

"Muba memang sangat luar biasa, tak hanya sekadar memiliki sarana prasarana berupa sirkuit berstandar internasional namun tantangan menyukseskan event di tengah pandemi pun berhasil dituntaskan dengan baik dan menjadi tuan rumah yang benar-benar sukses dan meriah," jelasnya. 

Augie berkeyakinan Muba akan menjadi barometer dan pilot project dengan telah berhasil menyukseskan event berskala nasional dengan memperebutkan Piala Presiden RI. 

"Tentu apa yang sudah dilakukan Kabupaten Muba ini dapat menjadi rujukan daerah lain di Indonesia untuk dapat menyukseskan event besar saat pandemi dengan tidak mengenyampingkan prokes COVID-19," ungkapnya. 

Apresiasi terhadap suksesnya Kejurnas Motoprix Piala Presiden 2021 di Sirkuit Internasional Skyland juga datang dari pembalap luar Sumsel, seperti Priyo Abadi dari Metro Lampung yang turun di kelas 2Tak 125 CC Underbone Open yang mengapresiasi kesiapan Muba dalam melaksanakan event level nasional di tengah pandemi. 

"Semoga daerah-daerah lain di Indonesia dapat juga menggelar event dengan sukses seperti Kabupaten Muba. Event berjalan sukses dan meriah tentu dengan prokes COVID-19 yang ketat," ujarnya. 

Senada dikatakan Ega Sipon, pembalap yang turun di kelas 2 tak 155 CC Superpro ini menyebutkan Muba tidak hanya punya fasilitas dan sarana prasarana olahraga yang hebat namun kesiapan lainnya untuk menyukseskan event besar turut dimiliki. 

"Event Motoprix Piala Presiden di Muba ini menunjukkan kalau kita dibekali dengan kesiapan dan SDM yang mumpuni. Tentu meski situasi COVID-19 menjadi penghalang akan bisa dilewati dengan baik bahkan berjalan sukses," pungkasnya. 

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Muba, Muhammad Fariz, mengatakan, berjalannya Kejurnas Motoprix Region A Putaran 3 Sumsel Piala Presiden 2021 dengan sukses tentu tidak lepas dari dukungan maksimal Bupati Dodi Reza Alex Noerdin beserta segenap forkopimda dan seluruh masyarakat Muba. 

"Semoga Muba di bawah kepemimpinan Bupati Dodi Reza dan Wakil Bupati Beni Hernedi ke depan dapat terus menyukseskan event-event bergengsi, baik level nasional maupun internasional," harapnya. 

Kejurnas Motoprix Region A Putaran 3 Sumsel Piala Presiden 2021 diikuti sebanyak 192 pembalap Region Sumatera dan ada tiga kelas yang dilombakan yaitu kelas kejurnas, kelas pendukung atau supporting dan kelas lokal Muba. Selain itu, akan ada lomba untuk kelas 4Tak 150 CC Tune Up Injeksi Expert, Bebek 4Tak 150 CC Tune Up Injeksi Novice, Bebek 4Tak 150 CC Standar Injeksi Rookie.

Selanjutnya, kelas pendukung supporting diantaranya Bebek 4Tak 150 CC Tune Up Mix Open (MP3), Bebek 4Tak 125 CC Tune Up Mix Open (MP 6), Bebek 2Tak 116 CC Standard Open, Bebek 2Tak 125 CC Underbone Open, Sport 144 CC Open, Sport sampai dengan 155 CC Super Pro, Matic 130 CC Tune Up Open. Sedangkan, kelas lokal Muba yakni Bebek 4Tak 150 CC Tune Up Mix (MP3) dan Bebek 4Tak 125 CC Tune Up Mix (MP 6).

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo