DAERAH

Bamsoet: Mapancas Garis Terdepan Patriot Pembela Pancasila

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo

JAKARTA - Mahasiswa Pancasila (Mapancas) menggelar Mukernas di Bengkulu, Senin (21/9/2021). Mukernas ini, merupakan langkah utama dalam mweujudkan visi organisasi tersebut untuk membantu bangsa dan negara.

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, yang menjadi pembicara utama menyarankan agar Mapancas menjadi organisasi yang mampu menerapkan dan memasyarakatkan nilai-nilai Pancasila di Indonesia, yang mulai tergerus.

Dia berharap, dengan adanya Mapancas, mampu meningkatkan semangat untuk menyebarkan nilai-nilai lima sila yang merupakan fundamental kehidupan di Tanah Air.

“Kita dengan segala pontensi dan sumber daya yang dimiliki dan dengan kematangan sebagai organisasi kepemudaan yang beranjak menuju usia 63 tahun, saya yakin dan percaya Mapancas akan tetap tegak berdiri di garis terdepan sebagai patriot pembela Pancasila," kata Bamsoet yang menjadi pembicara utama di Mukernas Mapancas.

Bamsoet juga mengucapkan selamat atas kepengurusan Mapancas periode 2020-2023. Pria kelahiran 10 September 1962 itu berharap agar Mapancas dapat membangun sinergi untuk membangun bangsa.


”Selamat atas kepengurusan Mapancas yang baru dan selamat membangun sinergi dan konsolidasi dalam Mukernas. Mapancas tangguh, Mapancas tumbuh dengan semangat progresif ber-Pancasila menuju Indonesia emas 2045," tegas dia.

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Mapancas Bengkulu, Andrian Wahyudi mengatakan, Indonesia membutuhkan generasi muda yang hebat, serta inovatif dan kreatif, dikombinasikan dengan sifat disiplin, kritis dan dinamis.

“Tidak mudah terbawa arus modernisasi serta mampu bekerja secara maksimal untuk menghasilkan karya nyata bagi kemajuan bangsa dan negara," tutur Adrian.

Adrian berharap, Mukernas yang diadakan di Bengkulu dan dihadiri seluruh DPD Mapancas seluruh Indonesia, dapat menjadi bekal untuk memajukan Mapancas yang lebih baik.

“Kita berharap acara ini (Mukernas, red) dapat menjadi acuan Mapancas untuk bekerja ke depan," imbuhnya.

Dengan begitu, lanjut Adrian, Mapancas akan lebih tangguh dan memberikan semangat bagi seluruh pemuda di Indonesia.

"Bagaimana kita dengan berintegrasi membuat suatu inovasi yang berpengaruh bagi pemuda," terangnya.

Editor: Rio Taufiq Adam