DAERAH

Bangun Infrastruktur Pariwisata, untuk Tingkatkan Wisatawan

Kawasan Pantai Lasiana di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Kawasan Pantai Lasiana di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

KUPANG— Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), mendorong pemerintah kabupaten membangun infrastruktur pariwisata yang memadai sehingga menjadi daya tarik dikunjungi wisatawan.

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Kupang, Ayub Tib, mengatakan, Kabupaten Kupang memiliki banyak obyek wisata yang menarik dan eksotik, namun belum didukung dengan ketersediaan fasilitas umum yang memadai.

"Obyek wisata di Kabupaten Kupang sangat indah, baik wisata alam maupun budaya. Agar banyak wisatawan yang datang berkunjung, maka penataan kawasan obyek wisata harus dilakukan dengan menyiapkan infrastruktur yang baik untuk memberikan rasa nyaman bagi wisatawan yang datang berkunjung," kata Ayub Tib.

Dia mengatakan, ketersediaan fasilitas umum seperti MCK, jalan dan air bersih merupakan suatu yang sangat dibutuhkan wisatawan saat berwisata.

"Apabila berbagai fasilitas umum tersedia, maka wisatawan akan banyak yang datang berkunjung dan dampaknya pada pembangunan ekonomi warga sekitar kawasan wisata bertumbuh dengan cepat," tegasnya.


Ayub Tim meminta, Pemkab Kupang, agar lebih fokus dalam melakukan penataan terhadap obyek-obyek wisata yang dekat dengan daerah perkotaan, yang mudah dijangkau warga Kota Kupang untuk berwisata pada akhir pekan.

Dia menambahkan, Pemkab Kupang juga perlu melakukan pendampingan, terhadap para pelaku usaha ekonomi di sekitar kawasan wisata. Agar terus bertumbuh dan kualitas produk usaha kecil menjadi lebih baik.

"Dampak ikutannya pada pendapatan ekonomi masyarakat menjadi meningkat apabila semakin banyak hasil usaha UMKM yang diproduksi warga dibeli para wisatawan yang datang berkunjung,” tandas Ayub Tib. (*)

Editor: Desi Wulandari