DAERAH

Pengerjaan Infrastruktur WSBK dan MotoGP Terus Digenjot

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Sitti Rohmi Djalilah, saat memantau persiapan infrastruktur di sejumlah tempat di Kabupaten Lombok Tengah.
Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Sitti Rohmi Djalilah, saat memantau persiapan infrastruktur di sejumlah tempat di Kabupaten Lombok Tengah.


MATARAM— Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Sitti Rohmi Djalilah, menegaskan progres penyelesaian infrastruktur untuk mendukung perhelatan World Superbike (WSBK) dan MotoGP di Sirkuit Mandalika akan selesai tepat waktu.

"Semua diharapkan selesai tepat waktu, dan berharap semua berjalan lancar sampai perhelatannya," ujar Wagub NTB, saat memantau persiapan infrastruktur di sejumlah tempat di Kabupaten Lombok Tengah dalam keterangan tertulis di terima wartawan di Mataram, Rabu (22/9).

Sejumlah tempat yang menjadi lokasi pemantauan Wagub NTB, dimulai dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) Lombok, guna memantau progress pekerjaan penambahan runway, terminal dan pelayanan lain.

Selain itu, Wagub NTB melanjutkan kunjungannya ke Jalan Bypass Mandalika, dimulai dari bundaran BIZAM. Keterangan yang diperolehnya menyebutkan, jalan raya dua jalur sepanjang 17 kilometer ini menyisakan 600 meter pekerjaan tambahan. Seluruh pekerjaan dipastikan selesai bulan ini termasuk penerangan jalan, pemasangan rambu dan akses jalur keluar di beberapa titik pemukiman.

Wagub juga memantau persiapan fasilitas Gawat Darurat Rumah Sakit Internasional Mandalika dan pelaksanaan vaksinasi. Dari pihak RSI Mandalika, Wagub NTB mendapatkan penjelasan terkait capaian vaksinasi yang menembus angka 2.000 orang selama tiga hari kemarin


Ia berpesan agar data dipastikan tercatat agar tercapai 70 persen vaksinasi, jelang WSBK dan MotoGP serta target herd immunity setelah melalui validitasi data.

Tikungan 10 sirkuit Mandalika dan fasilitas paddock, serta garis start juga tak luput dari kunjungan Wagub NTB kali ini. Didampingi otoritas sirkuit MGPA dan ITDC, Wagub mendapatkan penjelasan tentang fasilitas sirkuit dan target penyelesaian pekerjaan.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB, HL Moh Faozal, yang menyertai Wagub menjelaskan, lintasan sirkuit segera rampung bulan ini juga. Terkait rekayasa lalu lintas, pihak ITDC telah menyiapkan lahan parkir di beberapa titik yang luas seluruhnya 35 hektar. Nantinya akan ada 43 shuttle bus yang akan melayani penonton di area sirkuit dan sekitarnya.

Ia juga mengatakan, pihak ITDC telah menyediakan akses jalan, bagi warga perkampungan yang masih berada di dalam area sirkuit, dan meyakinkan sistem rekayasa transportasi dan lalu lintas ini akan berjalan baik. Termasuk lalu lintas kapal cargo pengangkut fasilitas balapan.

Ditambahkan, berdasarkan keterangan ITDC dan MGPA telah ada empat titik shelter evakuasi, dan rencana kontigensi yang terencana selain memastikan perhelatan MotoGP digelar dimusim balapan 2022 nanti setelah balapan di Doha, Qatar.

"Tanggal pelaksanaan WSBK di bulan November nanti juga sudah dikonfirmasi," tandasnya. (*)


Video Terkait:
Jokowi: UU Ciptaker Tetap Berlaku
Editor: Desi Wulandari