POLHUKAM

Partai Golkar Tunggu Kepastian Hukum Azis Syamsuddin

Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (24/9/2021). (ANTARA)
Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (24/9/2021). (ANTARA)

JAKARTA – Partai Golkar menghargai proses hukum yang tengah dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin. Diketahui, Azis dijemput paksa oleh KPK di kediamannya pada hari ini, Jumat (24/9/2021).

"Tentu kami hargai proses hukum yg sedang berjalan di KPK. Kami tunggu kepastian status hukum Pak Azis seperti apa malam ini," kata Ketua Badan Advokasi Hukum dan HAM (Bakumham) DPP Partai Golkar, Supriansa dikutip dari Antara.

Jika KPK telah menetapkan Azis sebagai tersangka, maka Partai Golkar bakal menyiapkan pengganti Azis sebagai Wakil Ketua DPR.

Langkah itu menurut Supriansa sesuai dengan mekanisme yang ada di internal Partai Golkar maupun sesuai dengan UU nomor 13 tahun 2019 tentang Perubahan Kedua UU nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3).

Supriansa menyampaikan, partainya siap memberikan pendampingan hukum jika Azis membutuhkan. Namun sampai saat ini belum ada permintaan bantuan dari Azis.


"Jika Pak Azis membutuhkan bantuan pendampingan hukum dari Bakumham Partai Golkar maka kami siapkan. Namun sampai saat ini beliau belum meminta bantuan hukum kepada Bakumham Partai Golkar," ungkapnya.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin di kediamannya di Jakarta. Azis kemudian langsung dibawa ke Gedung KPK.

"AS (Azis Syamsuddin) sudah diketahui, Alhamdulillah sudah ditemukan, rumahnya ditemukan," kata Ketua KPK, Firli Bahuri dikutip dari Antara.

Setibanya di KPK sekitar pukul 20.00 WIB, Azis langsung masuk gedung untuk menjalani pemeriksaan. Ia memilih bungkam ketika ditanya awak media.

 

Editor: Khoirur Rozi