POLHUKAM

Mimbar Masjid Raya Makassar Dibakar, Jusuf Kalla Minta Polisi Tangkap Pelaku

 Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla (JK). (ANTARA)
Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla (JK). (ANTARA)

JAKARTA - Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla (JK) mengecam keras tindakan pembakaran mimbar Masjid Raya Makassar. Diketahui peristiwa pembakaran ini dilakukan oleh seorang pria misterius pada Sabtu (25/9/2021) dini hari.

"Saya, selaku Ketua Dewan Masjid Indonesia, mengecam keras tindakan pembakaran mimbar Masjid Raya Makassar, yang diperkirakan terjadi pada dini hari tadi," kata JK dalam keterangan tertulis.

JK meminta aparat kepolisian segera menangkap pelaku dan mengungkap apa motif pembakaran tersebut. Ia juga mengimbau masyarakat, terutama umat Islam tidak terprovokasi tindakan kriminal itu.

"Saya berharap kepada masyarakat, terutama umat Islam di Makassar dan daerah lainnya di Indonesia, agar tidak terprovokasi atas tindakan tersebut," ungkapnya.

Sementara itu,  Polrestabes Makassar kini tengah memburu pelaku. Berbekal bukti rekaman CCTV, polisi sudah memegang identitas pelaku.


"Dari hasil olah TKP kami lakukan, sudah diketahui ciri-ciri dan identitas diduga pelaku pembakar mimbar. Kami sementara melakukan pengembangan," kata Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Witnu Urip Laksana dikutip dari Antara.

Sebelumnya, kebakaran mimbar di masjid tersebut terjadi pada Sabtu, 25 September 2021 sekitar pukul 01.17 WITA. Salah seorang laki-laki sempat terekam CCTV, ketika menutup kamera pengintai itu lalu kemudian membakar mimbar masjid.

Aksi itu sempat dilihat warga sekitar lalu memanggil penjaga masjid untuk memadamkan api. Sempat terlihat terduga pelaku meloncat pagar masjid usai menjalankan aksinya. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

 

Editor: Khoirur Rozi