DAERAH

Lakukan Tes Urine 28 Anak di Lapas

Pelaksanaan tes urite bagi anak-anak di lapas anak dan pegawai lapas.
Pelaksanaan tes urite bagi anak-anak di lapas anak dan pegawai lapas.

KUPANG— Badan Narkotika Nasional Kota Kupang, melakukan pengecekan urine 28 anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas I Kupang. Untuk  mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba di lingkungan lembaga pembinaan itu.

"Ada 28 anak yang melakukan pemeriksaan urine, dan tujuannya untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba di lapas ini," kata Kalapas khusus Anak, Noveri Budisantoso, Jumat (*).

Hal ini disampaikannya di sela-sela pelaksanaan tes urine, bagi anak didik lapas serta pegawai lapas di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Pelaksanaan tes urine tersebut, rutin dilaksanakan di lapas khusus anak dan selama ini selalu bekerja sama dengan BNN Kota Kupang.

"Kegiatan ini rutin digelar, tujuannya tentu saja untuk mencegah jangan sampai ada penyebaran narkoba di lingkungan ini," ujar dia.

Selain bagi anak-anak di lapas itu, pelaksanaan tes urine juga dilakukan bagi 57 orang pegawai yang bertugas di lapas itu. Dari jumlah itu tiga orang tak bisa ikut karena seorang sedang dinas di luas, dan dua orang lagi sedang cuti.


Lebih lanjut kata dia, kegiatan tes urine itu adalah wujud tanggap LPKA Klas I Kupang, atas ancaman narkoba bagi lapas, rutan dan LPKA di seluruh Indonesia. "Kegiatan ini merupakan langkah deteksi dini, penyalahgunaan narkoba di LPKA Kupang," tegas dia.

Terkait hasil tes, sampai dengan selesai tes, semua petugas dan andikpas dinyatakan negatif dari konsumsi narkoba atau obat-obat terlarang lainnya. 

Dia menyampaikan terima kasihnya kepada BNN, yang sudah bersedia membantu pihak lapas anak dalam melakukan pemeriksaan urine, dalam mencegah penyebaran obat-obatan terlarang atau sejenisnya di lingkungan itu. (*)

Editor: Desi Wulandari