POLHUKAM

Golkar Tak Mau Kasus Azis Syamsuddin Dikaitkan dengan Partai

Ketua DPP Partai Golkar, Adies Kadir. (Dok DPR RI)
Ketua DPP Partai Golkar, Adies Kadir. (Dok DPR RI)

JAKARTA – Partai Golkar tak ingin dikaitkan dengan kasus yang menjerat Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin. Kasus hukum Azis menurut Golkar merupakan masalah pribadi yang tidak ada hubungannya dengan partai.

“Mohon dipisahkan antara personal dan juga persoalan partai," kata Ketua DPP Partai Golkar, Adies Kadir seperti dikutip dari Antara, Sabtu (25/9/2021).

Menurut Adies, Partai Golkar menyerahkan sepenuhnya kasus Azis kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Golkar menghormati segala keputusan termasuk penetapan Azis sebagai tersangka.

"Partai Golkar menghormati semua proses hukum yang saat ini dijalankan oleh KPK dan menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku," terangnya.

Ia juga menegaskan Partai Golkar mengedepankan asas praduga tidak bersalah terhadap kasus hukum yang dihadapi oleh Azis Syamsuddin.


"Setiap orang yang disangka, ditangkap, ditahan, dituntut, atau dihadapkan di depan pengadilan wajib dianggap tidak bersalah sebelum ada putusan pengadilan yang menyatakan kesalahannya dan memperoleh kekuatan hukum tetap," jelas Adies.

Meski demikian, Adies menegaskan Partai Golkar siap memberikan pendampingan hukum terhadap Azis jika dibutuhkan. Namun menurutnya sampai saat ini Azis belum meminta bantuan hukum secara resmi ke partai.

Editor: Khoirur Rozi