DAERAH

HUT Muba, Dodi Reza Sampaikan Apresiasi Bantuan Gubernur Herman Deru

Gubernur Herman Deru bersama Bupati Dodi Reza Alex Noerdin melakukan potong tumpeng dalam peringatan HUT ke-65 Kabupaten Muba. (Ist)
Gubernur Herman Deru bersama Bupati Dodi Reza Alex Noerdin melakukan potong tumpeng dalam peringatan HUT ke-65 Kabupaten Muba. (Ist)


MUBA - Hari Ulang Tahun (HUT) ke-65 Kabupaten Musi Banyuasin turut diperingati di sidang paripurna istimewa DPRD yang dihadiri oleh Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, Selasa (28/9/2021).

Dalam sambutannya, Herman Deru menegaskan bahwa Pemprov Sumsel terus berupa membantu kabupaten/kota dalam hal pembangunan infrastruktur, tak terkecuali diperuntukkan bagi Kabupaten Muba. Terlebih, di saat masa pandemi di mana kondisi keuangan daerah banyak yang harus di-refocusing untuk dialihkan pada penanganan COVID-19.

"Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan terus membantu agar roda pembangunan di daerah terus bisa dilaksanakan dengan normal," kata Herman Deru.

Untuk itu, lanjutnya, pada HUT ke-65 Kabupaten Muba kali ini diserahkan bantuan secara simbolis berupa kelengkapan medis untuk penanganan COVID-19 di daerah itu. Masing-masing bantuan terdiri dari oksigen konsentrator sebanyak 18 unit, masker anak 64.700 lembar, APD level tiga 9.000 buah, masker bedah 4.200 lembar, masker KN95 3.500 lembar, masker N95 3.600 lembar dan tabung oksigen sebanyak 35 unit.

"Meski di masa pandemi, kita harus tetap optimis, ekonomi harus tetap menggeliat. Namun, kita juga harus tetap disiplin dalam penerapan protokol kesehatan," jelas Herman Deru.


Terkait dengan HUT Kabupaten Muba, Herman Deru mengaku senang bisa hadir secara langsung. Ia berharap Kabupaten Muba tetap survive dalam pembangunan meski di tengah pandemi.

"Saya merasakan bahagia. Sama halnya dengan yang dirasakan masyarakat Muba yang hari ini merayakan Hari Jadi Bumi Serasan Sekate," katanya.

Menurut Herman Deru, Kabupaten Muba mempunyai  keanekaragaman potensi sumber daya alam yang berlimpah. Untuk itu, ia berharap Bupati, Wakil Bupati dan unsur Forkopimda Muba tetap solid dan bersinergi dalam mengelola SDA yang berlimpah tersebut.

"Mustahil pembangunan dapat berjalan dengan baik jika pemimpinan daerahnya tidak kompak dan solid, karena itu kunci suksesnya pembangunan suatu daerah," tambahnya.

Herman Deru juga mengapresiasi upaya yang telah dijalankan Pemkab Muba yang dapat menggulangi kebakaran hutan dan lahan. Di mana, Muba sepanjang tahun ini bebas dari kabut asap.

"Ini prestasi yang luar biasa, ini juga merupakan wujud dari solidnya kerja sama yang telah dibangun. Mudah-mudahan ini terus bisa dijaga sehingga masyarakat kita tidak terkena Ispa akibat karhutla," Herman Deru berharap.

Bupati Muba, Dodi Reza Alex Noerdin, mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Gubernur Sumsel yang telah banyak menggelontorkan dana provinsi untuk membantu pembangunan infrastruktur.

"Mewakili masyarakat Muba, saya sampaikan ucapan terima kasih kepada Pak Gubernur yang telah banyak membantu pembangunan infrastruktur di Kabupaten Muba. Ini juga merupakan peran penting pemprov dalam menyetarakan pembangunan secara merata di Sumsel," tandasnya.

Turut mendampingi Gubernur Herman Deru pada peringatan HUT Kabupaten Muba antara lain Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumsel, Kartika Sandra Desi; Kepala Bapenda Sumsel, Neng Muhabibbah; Kepala Dinas Kominfo Sumsel, Ahmad Rizwan, serta Kepala Dinas PU Binamarga dan Tata Ruang Sumsel, Dharma Budhi.

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo